MR Siap Kembali Eksis di Politik

KUNINGAN (Mass) – Politisi senior dari Partai Demokrat, H TM Robby Suganda yang pernah menjabat anggota DPRD Provinsi Jawa Barat sepertinya bakal kembali eksis di dunia perpolitikan. Pasalnya, pituin asli Kuningan asal Maleber itu didaulat partainya untuk mewakili kader Partai Demokrat Jabar, mengikuti penataran pimpinan dan kader utama partai Demokrat di Bogor.

MR sapaan akrabnya, terpilih menjadi salah satu kader terbaik dari empat kader lainnya asal Jabar yang ditunjuk dalam kegiatan penataran selama sepekan, sejak 28 Maret hingga 3 April 2016 kedepan. Bahkan, kegiatan itu dibuka langsung mantan Presiden RI ke 6, H Soesilo Bambang Yudhoyono dengan bertemakan Negara, Pemerintahaan, dan sistem negara.

“Kegiatan ini diikuti wajib oleh seluruh anggota DPR RI. Lalu, peserta lainnya merupakan DPP dari setiap provinsi dipilih 4, jumlah pesertanya menjadi 250 orang,” ucap politisi partai Demokrat, H MT Robby Suganda saat dikonfirmasi awak media baru-baru ini, Sabtu (2/4).

Selain dirinya, MR juga mengaku ada tiga kader Partai Demokrat lainnya yang terpilih menjadi perwakilan Jabar yaitu Ketua DPD Demokrat Jabar, Iwan Sulanjana, Ketua DPC Demokrat Ciamis, Irma, dan Aida.

”Penataran kali ini sangat berbeda dengan kegiatan partai sebelum-sebelumnya. Penataran ini lebih menitik beratkan pada upgradeding kualitas peserta. Pak SBY menginginkan kader Demokrat bisa lebih berkualitas dalam hal berpolitik dan bernegara,” ujar pria yang pernah menjadi pesaing terberat dari pasangan bupati dan wakil bupati kuningan saat ini di pilkada 2013 lalu.

Jadi lanjut MR, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas kadernya. Sebab, hal itu dibuktikan SBY yang tak lain ketua umum DPP Partai Demokrat, dengan menghadirkan para pemateri berkompeten yakni para mantan menteri di era pimpinan SBY.

“Pematerinya itu rata-rata profesor dan doktor yang kompeten di bidang pembahasannya, dan juga para mantan menteri di era Pak SBY. Bahkan, di setiap sesi kita selalu diberikan kuis atau ujian dari setiap materi yang sudah selesai dipaparkan,” terangnya.

Selain mengupgrade kemampuan dari kader terpilihnya kata MR, dalam kegiatan tersebut juga merupakan salah satu ajang sebagai konsolidasi politik internal partai berlambang mercy tersebut.

“Seperti disampaikan oleh pak Pramono Edie, Ketum (SBY) memberikan mandat kepadanya untuk menyelesaikan musda dan muscab se Indonesia pada 2016 ini. Target utamanya adalah, Demokrat kembali menjadi partai pemenang di pemilu yang akan datang,” jelasnya.

Dari informasi yang diperoleh, dari sekian banyak permasalahan yang di kaji dan dibahas, terdapat beberapa isu penting yang merupakan informasi untuk seluruh kader Demokrat. Diantaranya adalah, PD menargetkan menyelesaikan Musda dan Muscab pada tahun 2016, persiapan penjaringan kader untuk para calon kepala daerah, serta persiapan Demokrat dalam Pemilu 2019.(andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com