Meski Menghadiri Deklarasi Sentosa, Sikap MR Begini

KUNINGAN (MASS) – Meski tidak jadi maju di bursa Pilkada Kuningan 2018, H Mamat Robby Suganda (MR) kini jadi pusat perhatian. Sebagai sosok yang memiliki tingkat elektabilitas terbesar ke dua setelah Incumben H Acep Purnama, banyak kalangan yang bertanya-tanya hendak diarahkan kemana massa pendukungnya.

Setelah sebelumnya dikabarkan MR memerintahkan kepada para pendukungnya untuk mengalihkan dukungan ke pasangan Acep-Ridho, namun ketua DPC Demokrat menegaskan suara MR akan tetap mendukung pasangan yang diusulkan oleh Demokrat yaitu Toto-Yosa.

Hingga akhirnya Ketua Relawan Bobotoh MR, Nursyamsu mengeluarkan pernyataan. “Pasca hadir di Deklarasi pasangan toto-Yosa, MR melakukan pertemuan terbatas dengan beberapa orang timnya, termasuk perwakilan dari bobotoh MR, bertempat di RM Cibentang. Dalam pertemuan tersebut belum ada arahan ataupun perintah apapun terkait dukungan akan diarahkan ke paslon mana,” kata Syamsu mengawali penuturannya, Selasa (16/1/2018).

Ia melanjutkan, kehadiran MR pada Deklarasi Sentosa sebagai undangan dr Toto (bacabup) dan Uus Yusuf (ketua DPC PPP). Bukan sebagai sosok yang diundang oleh koalisi partai. Karena setahunya, MR tidak diundang secara formal ataupun non formal oleh Partai Demokrat. Jadi kehadirannya murni persekawanan dnegan dr Toto dan Uus yusuf.

“Bahkan, di RM Cibentang MR juga sempat bertemu dengan ketua dan Sekretaris DPD Golkar Kuningan, Yudi Budiana dan Dani Nuryadin. Mengingat kedekatan Golkar dan MR di Pilkada 2013 besar kemungkinan terkait Pilkada Kuningan. Karena waktu itu pertemuan di tempat terpisah, jadi kami kurang paham apa saja yang dibahas oleh MR dan Pak Yudi,” ungkapnya.

Meski sudah bertemu Golkar, namun MR belum memerintahkan apapun kepada tim relawan yang mendukung MR untuk mendukung paslon yang mana. Setelah pertemuan di RM Cibentang, pertemuan relawan yang diinisiasi oleh MR peduli, dilakukan lagi di RM Ampera Sangkanurip.

“Hadir ketika itu sekitar 60-80 orang dari berbagai tim relawan dan kordcam,” sebut Syamsu.

Sementara itu, Zeki Caryono, salah satu orang terdekat MR yang turut hadir pada pertemuan tersebut menyampaikan apa saja yang diungkapkan MR.

“MR menyarankan kepada seluruh kader Demokrat Kuningan Khususnya baik anggota DPC, PAC ataupun kader Demokrat, yang solid mendukungnya, untuk tetap fatsun dan patuh terhadap pilihan partai Demokrat Kuningan,” kata Zeki.

Arahan untuk tim relawan MR Peduli dan relawan lainnya yang mendukung MR, yang tidak berafiliasi kepada Partai, MR membebaskan pilihan untuk mendukung siapa saja. Zeki menegaskan, MR tidak menyatakan dirinya akan mendukung atau tidak mendukung siapapun.

“MR Peduli sepakat, untuk pengalihan dukungan akan dirapatkan dan dibahas kembali dalam beberapa pertemuan ke depan,” pungkasnya. (deden)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com