Karakter Caleg Seperti Ini yang Disukai Pemilih

KUNINGAN (MASS) – Selain survei elektabilitas capres-cawapres dan parpol di Kuningan, Jamparing Research (JR) pun menyurvei karakter caleg harapan masyarakat. Ternyata hasilnya kedermawanan caleg tidak terlalu berdampak signifikan terhadap besarnya simpati masyarakat.

“Kami menanyakan 6 karakter caleg yang diharapkan masyarakat Kabupaten Kuningan. Pertama, karakter agamis, lalu karakter cerdas, dermawan atau tidak pelit, jujur dan bersih, merakyat, serta peduli terhadap daerah asal atau dapilnya,” papar Direktur Eksekutif Jamparing Research, Sohib Muslim SSosI, Rabu (17/10/2018) sore.

Dari 6 kategori karakter tersebut, rupanya caleg dermawan menempati urutan paling bawah. Angkanya hanya mencapai 4,00 persen. Berbeda dengan karakter jujur dan bersih, kategori ini justru menempati posisi paling tinggi sebesar 37,60 persen.

Caleg berkarakter agamis, imbuh Sohib, menduduki urutan kedua dengan persentase 23,20 persen. Karakter tersebut tak mampu mengalahkan sosok figur yang jujur dan bersih. Baru kemudian caleg berkarakter merakyat dengan persentase 19,20 persen.

“Karakter cerdas pun masih dibawah karakter merakyat. Angkanya hanya 9,00 persen, yang kemudian disusul karakter peduli dapilnya dengan persentase 7,00 persen,” bebernya.

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, Sohib menyebutkan, survei tersebut dilakukan sejak 1 sampai 10 Oktober. Survei ini melibatkan 500 respon dengan teknik multistage random sampling. Margin errornya kurang lebih 4,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com