Jelang Tahun Politik, PDIP Konsolidasi Kader

KUNINGAN (Mass) – Menjelang tahun politik pada 2018 mendatang, sepertinya sejumlah partai mulai ancang-ancang melakukan konsolidasi politik demi penguatan basis suara. Tak terkecuali Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kuningan, dengan menghadirkan langsung Ketua DPD PDIP Jabar, Mayjen TNI (purn) DR Tubagus Hasanudin SE MM, partai berlambang banteng moncong putih itu menggelar konsolidasi kader di gedung Sanggariang kemarin, Sabtu (26/3).

Dalam pidato politiknya, Ketua DPC PDIP Kuningan, Rana Suparman SSos menegaskan bahwa, sebagai kader partai maka harus jeli untuk melihat situasi mana yang memang bermanfaat bagi partai atau yang buruk bagi partai. Baginya, partai menjadi organisasi posisi kedua setelah negara.

“Oleh sebab itu, karena partai adalah organisasi kedua setelah negara, maka partai harus kuat, harus mampu menganalisa, harus dijunjung tinggi oleh kadernya, dan partai juga harus dipelihara. Kader harus mampu mengetahui, mampu membaca situasi mana yang dapat menguntungkan partai, mana yang dapat merugikan partai,” tegasnya.

Karena menurutnya, partai adalah alat perjuangan rakyat untuk membangun dan mengisi kemerdekaan bangsa dan negara. Jika partai tidak mampu membaca situasi tersebut, maka partai tinggal menunggu kehancurannya.

“Tapi saya yakinkan, bahwa di setiap kami musyawarah kecamatan (musran) menyampaikan bahwa partai ini adalah perjuangan, dan berbeda dengan partai-partai lain. Maka, PDIP harus berada di tengah-tengah masyarakat untuk meyakinkan kembali bahwa kita akan melangkah sesuai dengan apa yang dicita-citakan para founding fathers kita Bung Karno,” tandasnya.

Lalu kata Rana, ketika PDIP sudah berada ditengah rakyat maka partai harus menunjukan kekuatannya untuk memberikan keberpihakan kepada rakyat.

Sementara Ketua DPD PDIP Jabar, Mayjen TNI (purn) DR Tubagus Hasanudin SE MM dalam sambutannya, pada tahun 2017 nanti ada sejumlah kabupaten/kota yang bakal melaksanakan Pilkada seperti Tasikmalaya, Cimahi dan Kabupaten Bekasi. Penjaringan di internal partai pun dilakukan untuk memperoleh hasil seleksi, yang nantinya akan dikirimkan ke pengurus pusat dengan keputusan dari DPD dan DPP PDIP.

“Begitupun tahun 2018 nanti termasuk Kuningan akan menggelar Pilkada, sehingga nanti saya akan berbicara soal Kuningan saja. Karena, ada sebanyak 16 kabupaten/kota di wilayah Jabar yang melaksanakan Pilkada serentak, dan ini sebuah pekerjaan yang tidak ringan,” sebutnya.

Pihaknya juga mengaku, sejak saat ini sudah mulai melakukan konsolidasi partai untuk berkeliling ke sejumlah kabupaten/kota sewilayah Jabar. Untuk tahun 2019 nanti akan juga digelar Pileg yang bersamaan dengan Pilpres pada tahun mendatang.

“Sekarang kita harus bangkit untuk memenangkan Pilkada serentak itu, termasuk juga di Kuningan,” pungkasnya.(andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com