Duet Mana yang Akan Mundur?

KUNINGAN (MASS) – Mendekati masa pendaftaran KPU, masih ada 4 pasangan bakal calon yang diperkirakan hendak meramaikan bursa Pilkada 2018. Kemungkinan besar, finalisasinya malam ini (7/1/2018).

Keempat pasangan tersebut yaitu Acep-Ridho yang diusung PDIP (10 kursi) dan mendapat dukungan dari PPP (3 kursi) dan NasDem (3 kursi). Kursi yang dimiliki dari 3 partai itu sebanyak 16 kursi.

Kontestan berikutnya, pasangan Dudy-Udin. Duet ini diusung Golkar (7 kursi), PAN (8 kursi) dan Gerindra (4 kursi). Jumlah kursi yang dikantongi paling banyak yakni 19 kursi.

Yang akan menyusul pasangan Toto-Yosa. Kemungkinannya diusung 3 partai diantaranya PKB (5 kursi), Demokrat (5 kursi) dan PKS (5 kursi). Kalau PKS tidak berubah pikiran, maka kursi yang dimiliki sebanyak 15 kursi.

Konstelasi bisa berubah apabila pasangan Uno-Mamat tidak memilih mundur. Pasalnya, duet ini dapat diusung Gerindra (4 kursi), Demokrat (5 kursi) dan PKS (5 kursi). Kalau jadi maju maka kursi yang dimiliki sebanyak 14 kursi.

Tidak menutup kemungkinan, bakal muncul pula nama pasangan lain. Sebab hingga finalisasi malam ini masih terdapat waktu beberapa jam. Yang jelas untuk duet Dudy-Udin telah mendapat rekomendasi dari DPP Golkar. Tinggal menunggu rekomendasi dari DPP PAN yang akan diserahkan malam ini.

“Kalau ditandatangani sih udah. Tinggal penyerahannya serentak nanti malam di Bandung. Kebetulan sekarang saya sudah di Bandung,” ujar Ketua DPD PAN Kuningan, H Udin Kusnaedi.

Sama halnya dengan Gerindra, H Dede Ismail selaku ketua DPC Gerindra Kuningan pernah mengatakan, rekomendasi dari DPP akan diserahkan Minggu (7/1/2018) ini. Partai-partai lain pun, seperti PKB, Demokrat dan PKS, kabarnya keputusan bakal diambil hari ini.

“Kita masih proses untuk menguatkan PKS, Demokrat dan PKB,” tandas Ketua DPD PKS Kuningan, H Agus Budiman.

Sementara itu, melihat kemungkinan dari 4 pasangan balon tersebut dapat dikomparasikan dengan hasil polling http://polling.kuninganmass.com/cabup-cawabup-kuningan-2018-2023/. Berdasarkan update pukul 15.00 WIB Minggu (7/1/2018), duet Dudy-Udin masih memimpin dengan perolehan 519 suara (15,16%).

Disusul duet Uno-Mamat yang berada di urutan kedua, berhasil mengumpulkan 360 suara (10,52%). Posisi ketiga pasangan Acep-Ridho sebanyak 103 suara (3,01%). Berikutnya pasangan Toto-Yosa dengan perolehan yang hanya 21 suara (0,61%). (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com