Dokter Toto: Kalau Kyai Yakin Menang, Saya Pun Yakin

KUNINGAN (MASS) – Penghormatan Cabup Sentosa, dr Toto Taufikurohman Kosim terhadap kyai, ulama ataupun ustad, begitu tinggi. Bahkan dirinya merasa yakin ketika dirinya mendapat restu kyai, maka diyakini pula pasangan Sentosa pasti menang.

“Kalau kyai yakin menang, maka saya pun yakin menang. Insya Allah Sentosa menang,” tandas Toto di hadaparan ratusan kyai dan ulama saat silaturahmi di kediamannya, Desa Kapandayan Kecamatan Ciawigebang, Kamis (19/4/2018).

Dalam sambutannya, ia menegaskan, pemerintahan yang efektif adalah pemerintah yang didukung oleh ulama dan umaro yang kuat. Persatuan ulama dan umaro dalam sebuah kepemimpinan daerah, menurutnya bersifat mutlak. Ketika umaro meninggalkan ulama, maka tunggulah kehancurannya.

“Sudah menjadi kelaziman, bahwa seorang kepala daerah harus dekat dengan ulama. Bahkan lebih dari itu, ulama dan umaro adalah dua unsur yang tidak terpisah,” ujar Toto dihadapan 270-an kyai dan ulama se dapil 3.

Dalam berbagai kegiatan di Kuningan, dr Toto selalu memosisikan keberadaan ulama di posisi yang terhormat. Diantaranya beberapa kali KH Ali Ashari tampil bersamanya mendampingi kegiatan calon bupati nomor urut satu tersebut.

Bersama dengan para kiai, pengasuh mushalla, dan masjid yang ada di kampung-kampung, kedekatan Toto sudah tidak diragukan lagi.  Apalagi dengan beberapa program SenTOSA yang mengacu pada terwujudnya Kabupaten Kuningan Agamis.

“Program kami jelas, meningkatkan intensitas kehidupan keagamaan dan pengembangan pendidikan kepesantrenan. Ini salah satu program unggulan kami,” sebut Toto.

Ke depan, dirinya akan membuat inovasi baru dalam mewujudkan Kuningan yang relijius. Oleh karenanya ia memohon doa dan dukungan para kiai dan ulama untuk mewujudkan keinginan bersama itu.

“Insya Allah, kami akan prioritaskan generasi bangsa yang relijius, berilmu, dan berakhlaqul karimah. Dengan adanya pendidikan hafidz qur’an dan tafsir qur’an diharapkan pendidikan Kuningan semakin baik untuk membangun mental anak muda Kuningan,” tekadnya.

Toto meyakini doa para kyai dan ulama akan manjur. “Kalau kyai yakin menang, maka saya pun yakin menang,” ucapnya yang langsung dijawab pekikkan takbir oleh para kyai. “Allahu Akbar, Insya Allah SenTOSA menang,” serunya.

Pertemuan para kyai se Dapil 3 Kuningan ini tampak begitu khusuk dengan diisi ceramah dari KH Ali Ashari sebagai tokoh NU Kuningan.

Sementara itu, kemunculan dr Toto di kancah perpolitikan Kuningan memacu gairah baru bagi masyarakat Kuningan. Sosok yang berani, tegas, dan terus terang, ini mencuri perhatian publik dengan kegiatan pengobatan gratis dan blusukan ke kampung terpencil.

Beberapa kalangan memaklumi karena selama ini Kuningan ibarat tidur nyenyak. Dengan kemunculan dr Toto membuat masyarakat mendapatkan suntikan baru untuk mewujudkan perubahan.

“Meskipun dr Toto pendatang baru, tapi dari pemberitaan media massa tentang kegiatannya, beliau berhasil mencuri perhatian kyai dan menempatkannya sangat tinggi sebagai sosok calon Bupati pilihan,” kata kyai Kosim Sihab asal Desa Sidaraja. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com