Caleg Khawatir Suaranya Berubah

KUNINGAN (MASS) – Saat ini banyak caleg merasa khawatir suara mereka berubah di tengah jalan. Tak heran jika Bawaslu Kuningan beserta pasukannya di bawah memasang mata lebih awas lagi.

“Saat ini banyak caleg yang khawatir hasil perolehan suaranya berubah tidak sesuai dengan data yang dimilikinya. Maka dari itu kami awasi proses rekapitulasi suara,” ungkap Ketua Bawaslu Kuningan, Ondin Sutarman, Sabtu (20/4/2019).

Ia mengatakan, bawaslu beserta jajaran pengawas pemilu diberbagai tingkatan bekerja siang malam sejak hari pencoblosan. Terhitung Sabtu ini, mereka melakukan pengawasan rekapitulasi hasil perolehan suara pemilu yang mulai dilaksanakan di setiap kecamatan oleh PPK.

“Setiap pengawas pemilu panwascam dan pengawas pemilu kelurahan dan desa mengawasi penyerahan kotak suara tersegel dari PPS ke PPK,” kata Ondin.

Ia berujar, pengawasan ketat dilakukan untuk terciptanya pemilu yang jujur dan bersih. Seperti kenginan dan harapan peserta pemilu, dalam perhitungan sesuai fakta dan data, jangan sampai ada permainan.

“Apabila ada penyelenggara pemilu yang mencoba bermain akan berhadapan dengan ancaman hukuman pidana sebagaimana diatur pasal 505 UU No 7 tahun 2017,” tegasnya.

Ondin meminta kepada masyarakat, apabila menemukan kecurangan agar jangan segan untuk melaporkannya ke bawaslu. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com