Caleg Bisa Mencapai 800 Orang

KUNINGAN (MASS) – Karena parpol peserta pemilu 2019 sebanyak 16 partai, jumlah bakal calon legislatif untuk DPRD Kuningan cukup banyak. Sebab tiap parpol dapat mengajukan bacaleg sebanyak 50 orang. Jika dikalikan 16 maka menjadi 800 orang.

“Setiap parpol dapat mengajukan bakal calon anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, dengan ketentuan, diajukan oleh Pimpinan Partai Politik sesuai tingkatannya, jumlah bakal calon paling banyak 100% dari jumlah kursi yang ditetapkan pada setiap Dapil,” sebut Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis, Dadan Hamdani.

Pasca pilkada, KPU kini berkonsentrasi pada Pemilu 2019. Sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 bahwa Pengumuman Pendaftaran Calon dilaksanakan pada 2 sampai 8 Juli.

“Selanjutnya tahapan Pendaftaran Calon pada tanggal 9 sampai dengan 11 Juli. Artinya mulai Senin lusa kita sudah mulai buka pendaftaran bacaleg,” kata alumnus Gontor itu.

Rabu (5/7/2018) kemarin, imbuhnya, KPU telah melakukan Sosialisasi Tentang PKPU nomor 20 tahun 2018 yang mengatur tentang Pencalonan Aggota DPR/DPRD Prov/DPRD Kabupaten/Kota. Acara tersebut dihadiri oleh semua pimpinan parpol beserta Operator Silon masing-masing Parpol.

Hadir juga perwakilan dari Pengadilan Negeri Kuningan, Kejaksaan Negeri Kuningan, Polres Kuningan, RSUD 45, BNN, Panwaslu Kuningan dan tamu undangan lain.

“Dalam kegiatan tersebut salah satu pointnya penjelasan tentang mekanisme dan jadwal pemeriksasan kesehatan jasmani dan rohani, narkotika, Surat Keterangan belum pernah dipidana dengan ancaman hukuman penjara 5 tahun atau lebih, Penerbitan SKCK dari kepolisian, hal ini dimaksud agar setiap calon anggota DPRD Kuningan dapat dengan mudah menyiapkan persayaratan pencalonan,” tutur Dadan.

Mengacu pada Pasal 5 PKPU No 20 Tahun 2018, tambahnya, pengajuan daftar bakal calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dilaksanakan paling lambat 9 bulan sebelum hari pemungutan suara. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com