Acep Purnama Bukan Kebetulan, Tapi Mengulang Sejarah

KUNINGAN (MASS-  Sejarah itu pasti terulang. Begitu juga dengan Acep Purnama. Menjadi Bupati Kuningan baginya bukan suatu kebetulan tapi memang sudah ada sejarahnya.

Acep sudah tercatat dalam sejarah emas sebagai warga Tionghoa pertama yang menjadi Bupati Kuningan. Sebenarnya kalau merunut ke sejarah masa lampau apa yang diraih Acep bukan kebetulan semata.

Keturunan Tionghoa sudah menjadi pemimpin pertama Kuningan yakni Pangeran Adipati Kuningan. Ia merupakan anak yang terlahir dari rahim seorang ibu bernama Ratu Ontin Nio yang berasal dari negeri China.

Dengan begini Acep bisa melanjutkan sejarah nenek moyang yang dahulu. Kini, tinggal bagaimana Acep bisa membuktikan  kembali kepada masyarakat karena Kuningan waktu itu terkenal sejahtera dan tentram.

“Terpilihnya Acep menjadi Bupati Kuningan dan kini kembali terpilih bukan hanya kebetulan. Namun, memang ada garis keturunan dari sejarah dulu. Terkadang sejarah itu selalu berulang,” ucap pemerhati sejarah Kuningan Ajun Mahrudin.

Ia menjelaskan pemimpin pertama Kuningan itu terlahir dari rahim Ratu Ontin Nio. Ini tidak bisa dipungkiri bahwa warga Tionghoa memiliki sejarah dalam pemerintah Kuningan.

“Bagi kita semua  siapa  pun pemimpinya yang terpenting membawa kemajuan bagi warga dan tentram,” jelas Ajun.

Senada dengan Ajun, Nding Masku yang selama ini banyak mengungkap sejarah Kuningan menjelaskan, kemenangan Acep bukan satu kebetulan. Tapi ada sejarah dan itu dilakukan kembali oleh Acep.

“Kalau warga Kuningan itu tidak bisa dipisahkan dengan warga Tionghoa. Sejarah sudah mencatat dan itu harus dipahami oleh warga,” ujarnya.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com