Connect with us

Hi, what are you looking for?

Netizen Mass

Peran dan Partisipasi Tokoh Masyarakat dalam Pembangunan

KUNINGAN (MASS) – Tokoh masyarakat adalah salah satu bagian dari masyrakat yang mempunyai pengaruh yang kuat dalam pembangunan suatu daerah. Peran dan partisipasi tokoh sangat dibutuhkan, karena tokoh masyarakat dapat memberikan perubahan dalam kultur sosial dan pembangunan.

Keterlibatan tokoh-tokoh masyarakat dalam pembangunan suatu daerah berhubungan erat dengan partisipasi masyarakat. Adapun tokoh-tokoh masyarakat terdiri dari tokoh agama, tokoh adat, tokoh pendidikan, dan tokoh pemuda.

a. Tokoh Agama

Dari segi agama peran tokoh agama yang berhubungan dengan perencanaan pembangunan daerah dimanatokoh mempunyai kompetensi untuk menyadarkan masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan ibadah secara rutin. Adapun pendekatannya dilakukan secara akrab dan bersahabat, memberikan ceramah agama tentang kebaikan dan keburukan, dan memotivasi dari segi amalan serta perilaku tentang pahala jika seseorang ikut serta dalam kegiatan pembangunan daerah.

Dalam pelaksanaannya tokoh agama dapat mengajak masyarakat untuk menjaga rumah ibadah baik dari keamanan, kebersihan dan kenyamanan. Ajakan untuk memanfaatkan rumah ibadah baik secara pribadi maupun berjamaah secara rutin.Dapat juga tokoh agama untuk memberikan manfaat kepada pemuda atau warga yang belum bekerja untuk mendapatkan penghasilan dengan bekerja  dan menjaga rumah ibadah.

Tokoh agama dapat ikut andil dalam pelaksanaan pembangunan yaitu menilai hasil pelaksanaan pembangunan yang telah dijalankan.Tokoh agama dapat memberikan saran, usul dan solusi kepada pemerintah apabila terdapat kekurangan atau kendala dalam pembangunan.

b. Tokoh Adat

Peran dan partisipasi tokoh adat memberikan pengaruh dalam perilaku seseorang di masyarakat, termasuk merubah kebiasaan masyarakat. Dengan merubah kebiasaan masyarakat yang tidak baik memberikan dampak yang besar kepada pelaksanaan pembangunan. Dampak tersebut tidak hanya dalam lingkup atau satu bidang saja, tetapi keseluruhan bidang. Karena kebiasaan yang baik itu dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan.

Sikap partisipatiftokoh adat pada pemanfaatan hasil pembangunan yaitu menjaga dan melestarikan adat istiadat dan budaya yang baik di masyarakat.Ide yang baik dan bermanfaat diperlukan dari tokoh adat untuk mengikuti perkembangan zaman dalam pelestarian budaya.Kerjasama tokoh adat dan pemerintah setempat, dalam penyusunan rencana dan pelaporan hasil pembangunan yang telah dilaksanakan. Kerjasama ini dengan pengurus baik sebagai penasehat ataupun terlibat dalam kepengurusan untuk menangani pelaksanaan pembangunan daerah, agar pelaporan pelaksanaan pembangunan tersebut dapat terperinci dengan baik dan sesuai yang diharapkan.

c. Tokoh Pendidikan

Dari segi pendidikan, peran dan partisipasi tokoh pendidikan, yaitu dengan memberikan contoh yang baik dalam pendidikan melalui lembaga pendidikan yang formal dan non formal. Contoh tersebut bisa berupa prestasi di bidang pendidikan dan motivasi kepada masyarakat untuk terus melanjutkan dan meningkatkan prestasi pendidikan kepada anak-anaknya. Selain itu, tokoh pendidikan memberikan pandangan tentang bagaimana perkembangan teknologi dan pendidikan yang positif dan mengarah kepada pembentukan karakter anak didik sesuai dengan tujuan pendidikan.

Partisipasi selaku tokoh Pendidikan memberikan ide dan gagasan dalam peningkatan mutu pendidikan yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Selain itu juga, memberikan motivasi kepada para pemuda khususnya agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata Satu (S1) sampai S3. Dan juga, tokoh pendidikan selalu melibatkan para anak-anak, remaja maupun pemuda untuk mengikuti berbagai perlombaan dalam bidang ilmu pengetahuan yang terkait dengan dunia pendidikan baik yang dilaksanakan di daerah maupun di luar daerah.

Tokoh pendidikan dengan kesadaran dan kemampuannya ikut menilai sejauh mana tingkat keberhasilan dan prestasi yang telah dicapai warga masyarakat dalam kegiatan pendidikan sesuai dengan metode-metode yang telah dijalankan. Dan juga mengajak masyarakat dapat memanfaatkan dan memelihara hasil pembangunan dengan baik serta melakukan pendekatan-pendekatan dalam upaya untuk mengenali potensi-potensi yang dimiliki para warga masyarakatnya.

d. Tokoh Pemuda

Peran dan partisipasi tokoh pemuda yaitu melakukan suatu dalam bidang kepemudaan yang dapat mendulang prestasi, ide-ide baru dan menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat. Pendekatannya kepada pemuda yaitu dengan mengajak pemuda untuk membentuk organisasi-organisasi baik yang profitabilitas maupun non profitabilitas.

Sebagai partisipasi tokoh pemuda, dengan sukarela mendampingi dan mempelopori para pemuda dalam setiap kegiatan keorganisasian yang diselenggarakan di daerah maupun di luar daerah, baik itu kegiatanolahraga, sosialataupun kegiatan rekreasi bersama pada setiap kesempatan.Selain itu, tokoh pemuda memberikan masukan-masukan yang sesuai dengan kebiasaan dan perkembangan zaman untuk perkembangan dan peningkatan kegiatan organisasi kepemudaan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Diperlukan suatu arahan dari tokoh pemuda dalam keikutsertaan pemuda dalam event-event atau pertandingan-pertandingan olahraga yang diadakan di daerah atau di luar daerah. Dan mengajak para pemuda untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pembangunan daerah seperti sarana dan prasarana, pelebaran dan perbaikan jalan dan pembangunan jembatan, serta ikut menggerakkan pemuda dalam pelaksanaan kebersihan lingkungan di daerah.

Tokoh pemuda dapat memanfaatkan media informasi baik lewat media elektronik maupun media cetak tentang beasiswa pendidikan dan perlombaan-perlombaan yang terkait dengan kegiatan pendidikan formal maupun nonformal yang dilaksanakan lewat sekolah maupun organisasi kependidikan lainnya.

Tokoh pemuda, ikut mengarahkan warga masyarakatnya terutama para remaja dan pemuda untuk selalu mempertahankan semangat berpartisipasi dalam pembangunan daerah sehingga pemerintah setempat dapat memperoleh kesempatan untuk melaksanakan pembangunan baik yang berasal dari bantuan pemerintahan pusat maupun daerah.

Pembangunan suatu daerah tidak terlepas dari peran dan partisipasi tokoh masyarakat yang sudah mempunyai pengetahuan, kemampuan dan pengalaman dalam suatu bidang. Dengan adanya peran dan partisipasi dari tokoh-tokoh masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan, dapat menjadi teladan dan panutan warga dalam meningkatkan pembangunan.***

 Penulis: Cecep Nana Nasuha (Dosen Unisa) 

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Inspektorat Kabupaten Kuningan memastikan aduan CV Razaak Karomah soal batalnya proyek rehabilitasi jalan Cisantana-Ipukan, sedang ditangani. CV Razaak, mengadukan pembatalan proyek...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Kemajuan teknologi informasi sangat pesat dalam beberapa dekade ini membawa dampak positif maupun negatif bagi setiap orang khususnya generasi muda. Sekarang...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Presiden tahun 2019 telah dilaksanakan secara damai. Hasil pemilu legislatif menghasilkan jumlah perolehan kursi DPR RI...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Kejadian akhir-akhir ini yaitu aksi demonstrasi yang dilakukan oleh seluruh BEM mahasiswa se-Indonesia menjadi sorotan penting bagi masyarakat luas. Aksi demonstrasi...

Government

KUNINGAN (MASS)- Bupati Kuningan H Acep Purnama MH meminta kepada semua pihak khususnya yang berhubungan dengan pembangunan di Kuningan agar proses pembangunan menggunakan bahan...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – “Rakyat semakin cerdas”, sekarang digaungkan oleh lembaga-lembaga yang berkepentingan dalam pelaksanaan pemilu, terutama Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal ini menimbulkan pertanyaan...

Government

KUNINGAN (MASS)- BupatiI Kuningan H Acep Purnama, melakukan silaturahmi  dengan para perintis kemerdekaan dan tokoh masyarakat. Acara yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Kuningan itu...

Government

KUNINGAN (MASS)-   Pelaksana Tugas Bupati Kuningan Dede Sembada, Selasa (10/4/2018) meninjau pembangunan hunian sementara di Desa/Kecamatan  Ciniru. Bukan hanya di Ciniru tapi Desa Kaduagung...

Netizen Mass

Oleh : Oon Mujahidin SPdI (Pemuda Awirarangan)   KUNINGAN (Mass) – Di setiap daerah tentunya memiliki potensi-potensi yang dapat dibangun untuk kemajuan daerahnya. Hal...

Advertisement
Exit mobile version