Pemuda Panca Marga dan Warisan Orangtua

KUNINGAN (Mass) – Kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan pada tahun 1945 merupakan hasil perjuangan yang panjang dengan penuh pengorbanan lahir dan bathin dari para pendahulu. Oleh karenanya haruslah dipertahankan dan diisi oleh segenap Bangsa Indonesia.

Pemuda Panca Marga (PPM) sebagai putra-putri veteran Indonesia adalah generasi penerus perjuangan bangsa yang berkewajiban dan bertanggungjawab untuk melestarikan nilai-nilai perjuangan tahun 1945 dan mengisi kemerdekaan dengan jalan melaksanakan pembangunan nasional sebagai pengamalan Pancasila dan UUD 1945.

Pemuda Panca Marga terpanggil dan tersentuh jiwanya oleh pengorbanan jiwa, raga serta harta yang telah disumbangkan oleh para veteran Republik Indonesia, sehingga kami bertekad bulat untuk mewarisi, melestarikan jiwa, semangat dan nilai 1945 dengan jalan melaksanakan secara murni dan konsekuen.

Pemuda Panca Marga pun harus berperan serta dalam pembangunan nasional dalam rangka mencapai tujuan nasional sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD 1945. Selain itu, harus berperan serta dalam Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta untuk mempertahankan NKRI ini.

Ketika menghadiri undangan Hari Jadi Kota Bogor yang ke 535 di gedung DPRD Kota Bogor belum lama, kita sependapat dengan pernyataan H Untung W Mariono SE Ak sebagai Sekretaris Jenderal PD PPM Provinsi Jawa Barat (Ketua DPRD Kota Bogor) dan juga Anggota Dewan Paripurna PD PPM Provinsi Jawa Barat, Dr Bima Arya (Walikota Bogor). Disampaikan, anggota PPM sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia harus bersatu, kebersamaan dalam keberagaman.

Itulah sesungguhnya kekuatan kita. Itulah sejatinya kebanggaan kita sebagai Bangsa Indonesia yang damai. Tidak pernah ada dalam ingatan kita cerita dari leluhur bahwa dalam sejarah pernah terjadi konflik antar warga yang sangat serius. Karena kita didasari Bhineka Tunggal Ika, perdamaian dalam keberagaman, persatuan dalam perbedaan.

Sambung rasa antar warga dari masa ke masa adalah warisan pendahulu kita yang akan kita jaga sampai menutup mata. Tidak akan pernah kita biarkan perbedaan pandangan politik, keyakinan agama ataupun kepentingan ekonomi mengoyak keberagaman yang telah kita nikmati selama berabad-abad. Mari kita jadikan setiap momentum sebagai kesempatan untuk terus menguatkan kebersamaan dan mempersatukan kita. Selamat Hari Jadi Kota Bogor ke-535 tahun 2017.***

Penulis: Drs Agus Solehudin (Ketua PC Pemuda Panca Marga Kabupaten Kuningan)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com