Hari ‘Arafah

KUNINGAN (MASS) – Hari ‘Arafah merupakan hari yang mempunyai kelebihan tersendiri. Jika para jemaah haji diwajibkan berada di padang ‘Arafah untuk wuquf di sana. Kita yang tidak berkesempatan untuk menunaikan haji dianjurkan untuk berpuasa pada hari ini. Kedatangannya setahun sekali ini janganlah disia-siakan.

Disamping berpuasa, kita juga dianjurkan untuk memperbanyak amal sholih lainnya, salah satunya seperti sedekah. Hal ini berlaku pada 10 hari pertama Dzulhijjah secara umum dan secara khusus lebih dianjurkan pada hari ‘Arafah. Di sini dipetik dua buah hadist untuk renungan kita bersama.

Daripada Abi Qatadah al-Ansari bahwa Rasulullah telah ditanya mengenai puasa hari Arafah? maka jawab Rasulullah yang artinya : Di kaffarah (ampun dosa) setahun lalu dan setahun akan datang. ( Hadist isnad sohih dikeluarkan oleh imam Muslim, Tarmizi, Ibnu Khuzaimah dan Baihaqi)

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma dia berkata : Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda : tidak ada hari-hari yang pada waktu itu amal sholih lebih dicintai oleh Alloh melebihi 10 hari pertama (di bulan Dzulhijjah). ” Para sahabat Radhiyallahu’anhuma bertanya “wahai Rasulullah, juga (melebihi keutamaan) jihad di jalan Alloh? Beliau shollallohu ‘alahi wasallam bersabda : ” ya (melebihi) jihad di jalan Alloh, kecuali seorang yang keluar (berjihad dijalan Alloh) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidakIki ada yang kembali sedikitpun ( H.R Bukhari No 926)

-Mari berpuasa ‘Arafah. Semoga puasa ini meninggikan derajat kita, memperbanyak rekening amal baik kita, dan menjadi penghapus dosa kita 1 tahun yg lalu dan satu tahun yang akan datang.

Aamiin….

 

Al-fath Ar-rifa’i

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com