Tentara Turun Tangan

KUNINGAN (MASS)- Bencana yang terjadi di wilayah selatan Kuningan yakni Kecamatan Selajambe, Subang dan Cilebak memang cukup parah karena beberapa akses jalan sempat putus. Bahkan titik bencana cukup banyak.

Salah satu pihak yang selalu sigap membantu BPBD dalam pemersihan sisa longsoran adalah tentara. Seperti yang dilakukan pada hari Selasa tanggal 9 Januari 2018.

Anggota Koramil 1504/Subang melaksanakan Karya Bhakti pembersihan longsor yang terjadi Pada hari Senin  (8/1/2018) sekitar pukul 16.30 WIB. Longsor itu  di jalan jalur Cipasung Subang tepatnya di Jalan Desa Kotawaringin Kecamatan Selajambe.

Bencana alam longsor dengan Panjang 50 M, Luas 12 M dan Tinggi  50 CM membuat angggota koramil ekstra kerja keras. Saking besarnya tumpukan tanah maka jalan menuju Cipasung-Subang tertutup longsoran tanah dan tidak bisa di lalui kendaraan.

Bukan sekali tentara turun tangan, pada hari Kamis (11/1/2018) Serda Momon Babinsa Koramil 1504/Subang kembali melakukan pembersiha matrial longsor. Kali ini, di Desa Situgede Kecamatan Subang.

Adapun kejadian longsor terjadi Pada hari Rabu (10/1/ 2018) pukul 20.00 WIB. Lokasinya di tanjakan panjang RT 2/4 Blok Madati Desa Situgede Kecamatan Subang.

Longsor terjadi disebabkan hujan dengan intensitas tinggi. Dampaknya adalah jalan jalur Desa Subang Situgede tertutup tanah lonsor dengan Panjang 8 M, Lebar 4 M dan Tinggi 2 M.

Kemudian, pada hari Jum’at (12/1/2018) anggota Koramil 1504/Subang juga melaksanakan gotong royong bersama warga membersihkan longsoran tanah di Desa Legokherang dan Bungurberes Kecamatan  Cilebak.

Adapun rincianya adalah pada pukul 09.00 Batuud Koramil 1504/Subang Pelda Tohidin, Babinsa Bungurberes Sertu Momon, Kades Bungurberes, BPBD, serta masyarakat Desa Bungurberes Kecamatan Cilebak melaksanakan gotong royong. Pembersihan menggunakan alat berat membersihkan material longsor yang menutupi jalur jalan Cilebak Ciwaru tepatnya daerah Pal Desa Bungurberes.

Diharapkan akses jalan Cilebak Ciwaru bisa dipergunakan dengan lancar, baik roda 2 maupun roda 4. Lalu, Pada Pukul 08.00 WIB  Babinsa Desa Legokherang Kecamatan Cilebak Sertu Rohmat melaksanakan Gotong royong membersihkan material longsor yang menutupi jalan, perbaikan saluran air bersama aparat desa, dan masyarakat Desa Legokherang.

Hal ini cepat dilakukan karena intensitas hujan yang terus menerus dikhwatirkan bisa mengakibatkan banjir dan longsor susulan. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com