Lima Hari Pasca Bencana, Inilah Kondisi Terbaru di 7 Desa

Lima Hari Pasca Bencana, Inilah Kondisi Terbaru 7 Desa

KUNINGAN (Mass)- Musibah bencana banjir di Kecamatan Cibingbin sudah memasuki hari ke lima. Bagaimana kondisi terbaru di tujuh desa yang diterjang banjir.

Dari informasi yang Kuninganmass.com peroleh dari BPBD Kuningan. Pembersihan material lumpur di tujuh desa baik Desa Citenjo, Sidangjawa, Sukaharja, Cipondok, Cibingbin, Dukuhbadag, dan Cianggir sudah mencapai 90 persen.

“Pembersihan material lumpur sisa banjir dititikberatkan pada fasilitas umum seperti tempat ibadah, sekolah jalan desa, dan drainase,” ucap Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Mauludin SE kepada Kuninganmass.com, Kamis (26/1/2017).

Diterangkan, pembersihan material sisa banjir berupa lumpur dan ranting/pepohonan di 7 desa melibatkan personil sebanyak 500 orang. Mereka itu adalah BNPB, TNI, Polri, BPBD, SKPD, Basarnas, Muspika, Senkom, Rumah Zakat, Damkar, Tagana, LSM AKAR, Pramuka Siaga, Dompet Duapa, Baznas, SMK Penerbangan, Perhutani, Uniku, SMK Cibingbin dan aparat desa serta relawan serta banyak lagi.

Pihaknya bersyukur kepeduliaan dari warga sangat tinggi. Ini terbukti hingga hari kelima pasca bencana bantuan yang masuk posko utama lapangan berasal dari 175 unsur antara lain lembaga pemerintahan, BUMD dan non pemerintahan/organisasi kemasyarakatan.

“Untuk distribusi bantuan dilakukan setiap hari ke pemerintah desa terdampak. Sedangkan pendistribusian ke masyarakat terdampak dilakukan oleh pemerintah desa setempat,” jelasnya.

Mengenai kebutuhan peralatan baik perlengkapan rumah tangga dan  pembersih lingkungan  mantan Kabag Humas Setda Kuningan itu menyebutkan, masih sangat banyak. Diantarnya troli 50 buah, lap pel 1.000 buah, ember 5.00 buah, bantal, selimut  dan  kasur masing-masing 1.500 buah.

Agus juga merinci, untuk pelayanan kesehatan dasar warga disediakan posko kesehatatan. Lalu,  untuk rujukan rawat inap ke RSU KMC Luragung dan RSUD 45 Kuningan.

Sementara untuk mempermudah pelayanan didirikan 9 posko kesehatan yang disebar diarea lokasi terdampak. Ke 9 posko itu  diantaranya  2 Posko di Desa Cibingbin, Desa Citenjo, 1 posko di Desa Sindangjawa, Desa Dukuhbadag, Desa Cipondok, dan Desa Sukaharja. (agus)

 

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com