Kembali Longsor, Plt Bupati Akan Lakukan Cara Ini di Desa Ciloa

KUNINGAN (MASS)- Sejak menjabat Plt Bupati Kuningan,  H Dede Sembada selalu sigap dalam penangan bencana. Hal ini dibuktikan ketika mendapatkan laporan maka akan langsung ke lokasi.

Begitu juga dengan longsoran yang terjadi Desa Ciloa Kecamatan Kramatmulya. Setelah mendapatkan kabar dari Kades E Sobirin, Desem langsung bergegas bersama dengan pihak Dinas PUPR dan Camat Kramatmulya Dian Fenti Asmara.

Setelah melihat ke lokasi pada Senin (19/2/2018) berjanji akan segera melakukan penanganan dengan dibuatkannya beronjong. Hal ini   agar longsor diharapkan tidak terulang lagi.

“Dengan kondisi cuaca sekarang ini. Masyarakat dihimbau untuk waspada akan timbulnya bencana banjir, longsor, angin puting beliung dan lainnya,” ujar Desem.

Ia mengharapkan, masyarakat, pemerintahan desa, kecamatan dan SKPD untuk bekerjasama mengantisipasi gejala-gejala bencana seperti ini. Dan segera memberikan laporan agar segera ditangani.

Begitu juga peran serta masyarakat sangat diharapkan bila mana terjadi bencana. Mereka segera melakukan penanganan darurat bekerjasama dengan BPBD.

“Seperti yang sudah dilakukan masyarakat Ciloa dengan melakukan pengerukan longsoran tanah yang masuk ke saluran air dan diberikan terpal untuk menghindari serapan air hujan susulan. Ini langkah baik dan cerdas,” katanya.

Kades Cilo E Sobirin menerangan, lokasi longsor terletak di Dusun Puhun. Bencana ini terjadi Jumat malam  jam  07.30 WIB saat itu hujan turun lebat.

“Lokasi tersebut hanya longsoran tanah. Sebelumnya sudah dilakukan juga pondasi tebing.  Namun kejadian  terulang kembali yang mengancam 3 rumah dan 1 mushola. Semoga dengan dibronjong akan lebih kuat,” tandasnya.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com