Ini Peran Babinsa Ketika Longsor Terjadi

KUNINGAN (MASS) – Peran Babinsa ditengah-tengah masyarakat sangat terasa. Banyak membantu warga dalam berbagai hal. Begitu juga ketika terjadi bencana tanah longsor.

Seperti yang terjadi pada (15/10,  Babinsa Koramil 1501/Kuningan bersama BPBD, dan warga masyarakat membantu membersihkan longsoran material longsor. Seperti diketahui akibat hujan deras pada Selasa (14/11/2017) tembok penyangga tanah (TPT) longsor menimpa rumah warga di Dusun Cikopo Rt 13/05 Desa Cibinuang Kecamatan Kuningan.

Pada kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Namun  tembok Askinah, Seni, Soleh jebol akibat terjangan tanah. Selain rumah dibersihkan dari longsoran, korban diberikan bantuan oleh pihak BPBD Kuningan berupa berupa terpal dan obat obatan.

Sekedar informasi kejadian tanah longsor bukan hanya di Cibinuang. Tapi, juga di Dusun Karangmaja RT. 17/03 Desa Cikahuripan Kecamatan Maleber.

Peyebab kejadian adalah hujan deras Pada Selasa mulai jam 15.00 WIB dan kontur tanah yang labil. Dampak yang ditimbulkan adalah  bangunan permanen ukuran  milik Sarip (38) roboh menimpa sebagian bangunan rumah Sartijah (60).

Sementara itu pada Kamis (16/11/2017) juga terjadi bencana dimana bagian atap musala Ponpes Miftahul Mubarok RT/RW 19/04 yang terletak di Dusun Puhun Purwasari Kecamatan Garawangi tersambar petir. Membuat genteng hancur dan bertebrangan.

Bukan hanya itu, karena genteng hancur maka air hujan masuk ke dalam musala. Sehingga, membuat di dalam musala berantakan dan tidak bisa digunakan.

“Terjadi pada saat hujan deras. Untungnya tidak ada korban. Saat ini tengah diperbaiki,” ujar Jaja warga setempat.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com