Gara-gara Pipa Transmisi 12 Inch Pecah

KUNINGAN (MASS) – Insiden amblasnya bibir Jalan Raya Kadugede yang membuat arus lalu lintas terputus Minggu (26/8/2018) sore, disebabkan pipa transmisi milik PDAM pecah. Pipa tersebut merupakan pipa transmisi utama dari IPA (Instalasi Pengolahan Air) Darma berdiameter 12 inch.

“Sebelumnya kami menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan serta pengguna jalan, atas kejadian yang tidak kami inginkan ini,” ujar Kadiv Transmisi & Distribusi PDAM Tirta Kamuning Kuningan, Maman Suherman saat berada di lokasi.

Maman yang mewakili Deni Erlanda SE MSi yang tengah beribadah haji itu mengatakan, penyebab pecahnya pipa kini masih diselidiki. Dugaan sementara akibat tekanan air yang cukup besar. Tekanan tersebut membuat jalan hotmik amblas dan terseret arus air sekitar 100 meter.

“Pipa yang pencah ini sebagai saluran utama distribusi air untuk pelanggan di wilayah Kota Kuningan, Luragung dan sebagian wilayah garawangi. Tekanannya sangat besar,” jelasnya.

Kendati demikian, pada saat itu juga para pekerja langsung melakukan perbaikan. Maman belum bisa memberikan keterangan berapa lama waktu selesainya pekerjaan perbaikan. Yang jelas ia menandaskan secepatnya.

“Kami upayakan perbaikan akan selesai secepatnya malam ini,” tekad Maman dihadapan dua Dewan Pengawas PDAM, Drs Ar Sukiman dan H Ade Petruk yang juga berada di lokasi.

Maman menambahkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Polsek dan Koramil Kadugede untuk membantu pengamanan dan pengaturan lalu lintas. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com