15 Ha Lahan di Kebun Raya Kuningan Ikut Terbakar

KUNINGAN (MASS)- Kebakaran di Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai kini merembet ke kawasan Kebun Raya Kuningan yang terletak di Desa Padabenghar Kecamatan Pasawahan. Api berkobar di batu kuda  Kamis (4/10/2018) jam 09.37 WIB dan titik api mengarah ke KRK.

Titik api pada pukul 11.55 sudah merembet ke KRK, penanganan sempat dihentikan sementara karena kendala angin dan asap tebal. Titik api pada pukul 16.30 WIB  berada di sebelah Timur KRK dekat cottage mengarah ke Batu Luhur. Pada saat itu  langsung ditangani oleh tim pemadaman gabungan yang berjumlah 104 orang.

Mereka berasal dari dari unsur TNGC, BPBD, TNI, Polri, Polhut Perhutani , MPA, KRK, Kompepar, AKAR, Relawan Penggiat PB serta masyarakat setempat.  Satu  mobil pemadam kebakaran bersama 6 personil diturunkan untuk pemadaman di KRK . Kemudian, 2 unit Mobil tangki air diturunkan ke lokasi kebakaran di KRK .

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kuningan pada pukul 18.15 WIB titik api yang masih menyala ada di 2 titik.  Satu  di bagian atas daerah BSB dan satu  titik di sebelah timur KRK di atas Batu Luhur.  Pada jam  18.30 WIB upaya pemadaman dan pemantauan masih dilaksanakan oleh tim gabungan.

“Yang menjadi kendala pada saat pemadaman adalah kondisi medan yang berbukit dengan dominasi tumbuhan alang-alang dan perdu yang mengering.  Selain itu  angin yang cukup kencang, kondisi lahan berbatu dan  luasnya area kebakaran,” tandas Agus dalam rilisnya.

Diterangkan, hingga saat kawasan hutan TNGC yang terbakar sementara diperkirakan seluas ± 495 Ha . Sedangkan  kawasan Kebun Raya Kuningan yang terbakar diperkirakan seluas ± 15 Ha.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com