Kakek 100 Tahun Ini Bocorkan Tips Jaga Kesehatan

KUNINGAN (MASS) – Ada pemandangan menarik pada saat pengobatan gratis di Desa Bojong Kecamatan Kramatmulya, Jumat (11/5/2018). Salah seorang kakek yang jadi peserta baksos itu diketahui sudah genap berumur 100 tahun.

Kakek tersebut bernama Suma. Meski usianya sudah satu abad, namun dirinya terlihat masih bugar. Saat diajak ngobrol oleh dr Toto Taufikurohman Kosim (cabup nomor satu), masih nyambung bahkan kerap memberi nasihat.

“Hebat nih pak Suma, saya doakan semoga tetap diberikan kesehatan untuk beribadah kepada Allah SWT dan diberikan kebarokahan ya pak,” ujar Toto kala menyapa Kakek Suma.

Doa tersebut disampaikan pula oleh Calon Wabup Sentosa, Yosa Octora Santono. Saat itu keduanya sengaja menghadiri langsung baksos pengobatan gratis yang diselenggarakan RSU KMC Luragung dengan difasilitasi Relawan Sarser (Syarif Center).

Saat itu, Kakek Suma mengungkapkan rahasia dirinya bisa sampai usia 100 tahun. “Tentu takdir Allah SWT. Dan ikhtiarnya itu adalah tetap menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan dan berolahraga,” tuturnya.

Mengkonsumsi sayur mayur menjadi hal yang penting dan wajib baginya. Selain itu berolahraga setiap hari pun menjadi hal yang tidak kalah penting agar tubuhnya tetap sehat.

“Yang terpenting adalah menjaga pola makan dan berolahraga agar tubuh tetap sehat,” ungkapnya lagi.

Diakui oleh kakek enam anak ini bahwa teman-teman sebayanya sudah banyak yang meninggal dunia. “Banyak teman-teman sebaya saya yang sudah meninggal dunia, makanya saya sangat bersyukur kepada Allah SWT atas apa yang telah diberikan sampai saat ini,” ucap Kakek Suma.

Disamping membocorkan tips menjaga kesehatan, Kakek Suma juga rupanya punya tips bagaimana menjadi pemimpin yang dirindukan rakyatnya. Ia mengaku, kehadirannya di lokasi pengobatan gratis sebetulnya ingin menyampaikan tips tersebut kepada pasangan Sentosa.

“Saya ikut pengobatan gratis ini bukan semata-mata untuk berobat, tapi sebetulnya ingin bertemu dengan Dokter Toto dan a Yosa. Karena selama ini tahunya dari gambar (baliho) dan cerita-cerita orang saja,” ungkapnya.

Kepada Toto, Kakek Suma mengeluarkan pesan yang menjadi tips bagi seorang pemimpin. “Jadi pemimpin itu harus tahu 3 hal. Tahu aturan, bisa mengatur dan mau diatur oleh aturan itu sendiri. Insya Allah kepemimpinannya akan dirindukan masyarakat,” pesan Kakek Suma. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com