Connect with us

Hi, what are you looking for?

Netizen Mass

Hari Peduli Sampah

KUNINGAN (MASS) – Menyambut Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada 21 Februari, sampah memang masih jadi persoalan sulit dan kompleks yang belum bisa sepenuhnya diatasi di Indonesia. Jumlah sampah diperkirakan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Pelan tapi pasti, sampah menjadi masalah besar bagi negara kita. Sayangnya, belum ada kesadaran mengelola sampah, karena pedoman umum yang ada adalah sampah harus dibuang. Padahal, seharusnya tiap rumah tangga memilah sampahnya sebelum membuang.

Di Indonesia, tiap rumah biasanya memiliki satu tempat sampah di bagian dapur, di mana semua sisa makanan, plastik bekas, kemasan produk rumah tangga, dibuang menjadi satu. Di halaman depan, juga hanya ada satu tempat sampah besar. Di dalam tempat sampah besar itu, sampah dapur akan dijadikan satu dengan sampah dari bagian rumah yang lain.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Terkadang tempat sampah sudah tersedia namun masyarakat seolah-olah tidak melihatnya dan malah membuang sampah tersebut di mana-mana. Namun sebagian besar sampah di Indonesia, berakhir di TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Pemerintahan harus bisa memberikaan pemahamaan kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah agar masyarakat sadar terhadap lingkungannya. dan masyarakat juga harus bisa berpikir bagaimana cara mengubah agar diri mereka sadar akan perbuatan mereka selama ini, dan memulai untuk menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan lagi.

Menurut data dari laman resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indonesia memproduksi 65 juta ton sampah pada 2016, naik 1 juta ton dari tahun sebelumnya. Salah satunya adalah Jawa Barat menjadi provinsi penghasil sampah plastik terbanyak. Produksi sampah warga Jawa barat mencapai 28.000 ton/hari.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dalam tiga tahun rata-rata kenaikan 1000 ton, tercatat Kabupaten Bogor merupakan daerah tertinggi penghasil sampah plastik.

Mungkin belum banyak yang tahu kenapa tiap 21 Februari dijadikan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Alasannya karena untuk mengenang tragedi longsornya gunungan sampah di TPA sampah Leuwigajah, Kabupaten Bandung dan Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005.

Dilansir dari Solopos dan berbagai sumber, kawasan TPA yang berbukit-bukit itu diguyur hujan selama dua hari berturut-turut. Gunungan sampah setinggi 50 meter-70 meter itu longsor dan menimpun lebih dari 100 rumah di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ada 157 warga tewas akibat longsornya tempat pembuangan akhir (TPA) Leuwigajah. Bahkan kabarnya, dua kampung terhapus dari peta akibat tergulung gunung sampah yang longsor. Hingga kini, belum jelas terdakwanya siapa.

Longsor TPA Leuwigajah mengingatkan kita, betapa sebetulnya TPA-TPA yang ada di Indonesia juga merupakan bom waktu, bisa ‘meledak’ sewaktu-waktu. Peristiwa tragis itu diyakini bisa terjadi karena TPA di Indonesia belum standar dengan sanitary landfill atau sistem pengelolaan sampah dengan cara membuang sampah di lokasi cekung, memadatkan dan kemudian menimbunnya dengan tanah.

Yang terjadi di Indonesia, kebanyakan masih berupa sistem open dumping atau dibuang begitu saja di TPA sehingga sampahnya menggunung dan rawan longsor. Lalu bagaimana jalan keluarnya?  Pemerintah sudah berusaha menyelesaikan masalah sampah tersebut dengan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.***

Advertisement. Scroll to continue reading.

Muhamad Iqbal Muhajirin
Kabid Lingkungan hidup DPD IMM Jawa Barat

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Kegiatan bercocok tanam saat Physical Distancing di tengah pandemi Virus Corona tentunya bisa dilakukan. Kegiatan di rumah terkadang sering membosankan, apalagi...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Pada dasar tubuh manusia akan selalu terancam oleh paparan bakteri, virus, parasit, radiasi matahari, dan polusi. Stres emosional atau fisiologis dari...

Government

KUNINGAN (MASS)  – Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Kuningan melakukan Gerakan Kebersihan Fasilitas umum. Kegiatan ini bagian dari peringatan  Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Proses penyusunan Rancangan Undang-undang (RUU) Cipta Lapangan Kerja, yang jadi rancangan penyederhanaan berbagai UU (omnibus law) dinilai tidak transparan dan khawatir...

Education

KUNINGAN (MASS) – Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, BEM Uniku melakukan aksi memungut sampah (operasi semut) dan edukasi lingkungan, Minggu (24/2/2019). Operasi semut...

Advertisement
Exit mobile version