Ziarah ke Makam Leluhur

KUNINGAN (MASS)- Dalam memperingati Hari Jadi Kuningan ke-521, seperti biasanya dilaksanakan ziarah kubur ke makam para leluhur atau sesepuh. Hal ini dilakukan  untuk memberikan doa atas jasa-jasanya pada Kabupaten Kuningan. Rabu (28/8/2019).

Ziarah kubur dilakukan pada Rabu (28/8/2019)  itu  terbagi menjadi dua rombongan. Untuk rombongan pertama Bupati Kuningan H Acep Purnama, SH MH yang diikuti seluruh unsur Forum Muspida, Sekretaris Daerah Dr H Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Kepala SKPD, Kepala Bagian Lingkup Setda, Ketua MUI Kabupaten KuninganKH Azis Ambar Nawawi dan Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj Ika Acep Purnama, SE.

Mereka berziarah ke Makam Arya kamuning, Syech Maulana Akbar, Makam Alm. Saleh Alibasa, Makam Adipati Ewangga. Lalu, Makam Ramajaksa, selain itu berziarah ke Makam Bupati terdahulu Almh. Hj. Utje. CH Suganda, serta Almh. H.A. Subandi.

Sementara itu untuk rombongan kedua Wakil Bupati Kuningan H.M. Ridho Suganda, SH., M.Si yang diikuti Kepala SKPD, Kepala Bagian Lingkup Setda, Kepala BUMD, Ketua PC NU Kabupaten Kuningan, dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Yuana Ridho Suganda, SH yang berziarah ke Makam Eyangweri, Makam Alm. H. Arifin Setiamihardja, dan  Makam Alm. Kol. H. R. Aruman Wirananggapati.

Sementara itu menurut Bupati menyampaikan tradisi ziarah ini rutin dilaksanakan bersama seluruh unsur Pemerintahan setiap menjelang hari jadi Kabupaten Kuningan pada 1 September, yang diharapkan dengan ziarah ini kita akan selalu ingat, mengenang jasa-jasa perjuangan danmendoakanya untuk para pendiri Kabupaten Kuningan.

Di kesempatan yang sama Wabup juga mendoakan kepada leluhur dan sesepuh semoga atas jasa-jasa perjuangannya dapat dijadikan contoh kebaikan dalam membangun Kabupaten Kuningan yang lebih baik. Wakil Bupati beserta seluruh rombongan lainnya bersama-sama mengkahiri kegiatan ziarahnya ke Makam Sunan Gunung Jati Cirebon dan Bupati  Kuningan terdahulu Drs H Moch Djufri Pringadi.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com