Waspadai Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

KUNINGAN (MASS)- Kaum ibu punya peran penting di lingkungan keluarga.  Seorang ibu punya tanggungjawab khusus mengawasi anaknya dalam pergaulan sehari-hari agar terhindar dari perbuatan tidak terpuji.

“Saya mengingatkan kembali terkait pentingnya  pengawasan anak-anak dalam pergaulan sehari-hari. Apalagi saat ini anak-anak tidak tidak terpisahkan dengan yang namanya Smartphone yang jika tidak bijak menggunakannya bisa berdampak negatif terhadap perkembangan anak,” papar Bupati Acep Purnama, saat menghadiri acara memperingati Hari Kartini, di Gedung Sanggariang, Jumat (11/4/2019).

Pada Peringatan Hari Kartini ke 140 ini tema yang diangkat adalah “Dengan Semangat Hari Kartini ke 140 2019, Kita Tingakatkan Kewaspadaan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Kabupaten Kuningan”. Acara di hadir ratusan orang.

Pada acara  tersebut hadir Wakil  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan yang juga Ketua Persatuan Wanita Olah Rsgs Seluruh Indonesia (Perwosi) Kabupaten Kuningan, Ny Yoana Ridho Suganda, mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Ika Acep Purnama, yang berhalangan hadir karena sedang mengikuti acara di Yogyakarta.

Hadir pula Ketua Dharma Wanita Kabupaten Kuningan, Ny Hj Ella Dian, Ketua GOW Hj Rini Sardjono  serta sejumlah pengurus organisasi wanita se-Kabupaten Kuningan. Lalu, Kabid PP Dinsos PP dan PA Kuningan Hj Iin Hartini MSi yang juga Pembina GOW.

Menurut Bupati Acep, pada era teknologi super canggih satu sisi berdampak positif. Semua akses menjadi murah serta mudah. Sebaliknya berdampak negatif karena tak sedikit ddigunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Dalam situasi seperti itu, kembali kepada kita untuk membina, mendidik, memberikan pemahaman kepada anak-anak untuk bijak menggunakan alat komunikasi canggih itu. Hal itu tidak terlepas dari peran ibu-ibu di lingkungan keluarga.

“Ini peran kita untuk membimbing anak-anak agar tidak melakukan kebiasaan buruk yang akan merugikan pada dirinya sendiri maupun keluarga,” imbuhnya.

Menyinggung sosok RA Kartini, Bupati mengharapkan agar menjadi inspirasi khususnya bagi kaum wanita di Kabupaten Kuningan.  Dengan begitu maka kaum wanita yang ada di kota kuda bisa lebih maju.

Sementara itu, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kuningan, Ny Hj Rini Sardjono,  mengajak kepada kaum wanita di Kabupaten Kuningan untuk mengenang jasa-jasa pahlawan wanita yakni RA Kartini. Berkat beliua maka para wanita di Indonesia bisa maju seperti sekarang ini. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com