Warga Masih Kesulitan Air Bersih

KUNINGAN (MASS)- Meski pihak BPBD mengklaim sudah memberikan bantuan air lebih dari 1 juta liter. Namun, hingga saat ini beberapa wilayah di Kuningan masih kekurangan air bersih.

Sebagai contoh warga Desa Cipedes Ciniru. Pada Rabu (31/10/2018) mendapatkan bantuan tiga tangki air dari UPT Damkar Kuningan. Mereka sangat membutuhkan air bersih karena banyak mata air yang sudah kering. Begitu juga air sumur.

“Kita kirim  tiga  tanki ke Desa Cipedes yang disebar di blok Cirahayu Barat, Blok Ciamis dan Blok Tanjungpura.  Ini bantuan dari Damkar berdasarkan laporan dari anggota DPRD  Pak A Rusdiana,” sebut Plt UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti, Rabu (31/10/2018).

Ia menyebut,  Selama  Oktober  pihaknya  sudah mengirimkan  air  ke desa Cipedes, Desa Ciniru, Desa Pamupupakn. Lalu,  Desa Benda, Desa, Kawungsari,  dan Desa Pasawahan.

Sekedar informasi  BPBD Kuningan sejak bulan 18 Juli hingga 30 September sudah menyalurkan 1.060.000 liter air bersih kepada warga. Air bersih itu disalurkan kepada 16 dusun, tujuh desa di empat kecamatan. Total yang menikmati adalah 2.804 KK dengan total 8.054 jiwa.Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Mauludin SE, air bersih diberikan kepada wilayah yang kesulitan air bersih. Adapun empat kecamatan itu adalah Kecamatan Karangkancana.

Di kecamatan paling timur itu kata Agus, disalurkan 635.000 liter air yang diangkut 135 tangki. Ada tiga dusun yang memperoleh jatah yakni Dusun Simpay Jaya 232 ribu liter/56 tangki. Lalu, Desa Cihanjaro 208.000 liter yang diangkut 40 tangki. Kemudian Desa Sukasari sebanyak 195 ribu liter atau setara 39 tangki.

“Kecamatan Cigandamekar diberikan 215 ribu liter yang diangkut 37 tangki. Di wilayah ini hanya satu desa yakni Jambugeluis sebanyak 215 ribu liter,” Agus yang pernah menjabat kabid di Dinas Kopersi dan UKM itu.

Untuk Kecamatan Cimahi Agus menyebutkan, disalurkan 94 ribu liter atau sebanyak 21 tangki. Ada dua desa yang dikirim yakni Desa Cileuya 70 ribu liter dan Desa Cimahi 24 ribu.

Sementara untuk Kecamatan Darma dipasok 116 ribu liter yang diangkut dengan 24 tangki. Wilayah yang dekat waduk Darma ini hanya satu desa yang mengalamu kesulitan air bersih yakni Desa Sukarasa sebanyak.

“Air bantuan ini dari semua pihak mulai dari BPBD, PMI, Baznas, PDAM hingga yang lainnya,” ujar Agus mengakhiri.(agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com