Sholat Istighosah diikuti 300 Orang

KUNINGAN (MASS) – Setiap desa memiliki cara berbeda dalam menyambut HUT RI ke-74, salah satunya yaitu Desa Bunigeulis Kecamatan Hantara. Sebanyak 300 warga mengikuti sholat istighosah di Mesjid Al-Mutaqin, Jum’at (16/8/2019) malam.

Sholat istighosah yang dimulai setelah sholat Magrib bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan menumbuhkan rasa cinta tanah air. Setelah sholat Isya, dilanjutkan dengan pawai obor yang diikuti 1000 orang dengan mengelilingi Desa Bunigeulis dan Tundagan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh kepala desa, lembaga desa, BPD, LPM, Kepala SDN Bunigeulis 1,2 dan 3, siswa-siswi SD dan SMP serta seluruh lapisan masyarakat Desa Bunigeulis.

Ketua panitia sekaligus Ketua DKM Mesjid Al-Mutaqin Sahnudin SAg MPd menjelaskan, kegiatan sholat istighosah bertujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Selain itu, untuk mengenang para pejuang kemerdekaan RI dilaksanakan pawai obor keliling desa.

“Kedepan mari kita persiapkan acara lainnya dengan lebih meriah dari acara sekarang. Kami haturkan terima kasih kepada kepala desa, lembaga desa, BPD, LPM yang telah memberikan ijin atas penyelenggaraan acara ini. Tak lupa kepada tamu undangan dan masyarakat yang telah hadir pada acara ini,” ucap Sahnudin yang menjabat ketua BPD Bunigeulis.

Sementara itu, Kepala Desa Bunigeulis Dede Yosepa mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk syukur masyarakat Desa Bunigeulis atas nikmat yang telah Allah SWT berikan. Selain itu, do’a bersama untuk memohon ampun kepada Allah SWT.

“Dengan pawai obor, saya berharap agar terjalinnya silaturahmi dan kekompakan antara perangkat desa dan seluruh lapisan masyarakat dengan saling berbaur antara satu dan lainnya agar tidak ada jarak. Selain itu, pawai obor juga melambangkan ‘nyaangan’ antara satu sama lainnya,” jelasnya.

Dede berharap, dengan acara ini diharapkan masyarakat bunigeulis lebih maju, aman, dan damai.

“Harapan kedepan agar kegiatan ini dijadikan rutinitas yang dilaksanakan setiap tahunnya karena ini merupakan salah satu tugas kepala desa dan jajarannya,” harapnya. (ali)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com