Saling Terkait, Mulai Dari Pohon Kelapa Setinggi Gunung Hingga Lahir Balong

KUNINGAN (MASS) – Sejarah penamaan suatu daerah tidak lepas dari cerita rakyat yang berkembang. Begitu juga dengan nama sebuah desa yang berada di Kecamatan Kramatmulya, Kuningan. Nama desanya adalah Kalapagunung, nama tersebut ternyata memiliki cerita turun temurun sesuai namanya, pohon Kelapa setinggi Gunung Ciremai.

“Dulu memang, katanya sih, ada pohon kelapa segede Gunung Ciremai,” terang kadi Puadi pada kuninganmass.com, Senin (20/1/2020) pagi.

Kadi Puadi sendiri sebenarnya tidak bercerita secara khusus soal Kalapa Gunung. Namun dirinya menyebut, setiap cerita yang beredar di masyarakat terkait satu sama lain, termasuk di daerahnya, Babakanmulya.

“Nah tapi pohon kelapanya itu tumbang karena banjir, dan jatuhnya itu sampe Bandorasa,” sebutnya menjelaskan.

Karena kelapa yang pecah di Bandorasa, terbentuk balong dan nama cikalapa. Sedang pohonnya yang panjang membentang melewati daerahnya di Babakanmulya.

“Kalo orang sini, pohonnya kita ambil, potong-potong buat penahan di pinggiran Balong Dalem, tapi ya itu cuman cerita zaman dulu,” jelasnya.

Lebih lanjut, cerita tidak berhenti sampai disana. Beberapa pecahan kelapa di bandorasa juga membentuk situ dan balong. (eki)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com