Pemuda Ciketak Isi Kemerdekaan dengan Cara Ini

KADUGEDE (MASS) – Dalam rangka menyambut HUT RI ke-74, Pemuda Karang Taruna ‘Tunas Mayana’ Desa Ciketak Kecamatan Kadugede tiap tahunnya selalu diadakan berbagai kegiatan lomba untuk mengisi peringatan HUT kemerdekaan RI.

“Sejak diintruksikannya oleh bupati melalui camat perihal upacara yang harus diadakan di tiap desa alhamdulillah Desa Cciketak sudah 3 tahun ini melaksanakan kegiatan upacara di lapangan buper dengan masyarkat, dan dilanjutkan pelaksanaan pawai alegoris dari lapangan upacara berjalan kaki mutar sampai ke alun alun desa kadugede,” kata Asep Gani selaku ketua, Minggu (18/8/2019).

Peserta upacara melakukan kegiatan pawai dengan berbagai kreasi yang dibuat tiap RT. Ada yang membuat miniatur tank baja, pesawat tempur, helikopter, hewan kambing dan lain sebagainya. Adapun pesertanya ada yang memakai baju adat, petani, dokter dan pakaian berbagai profesi lainnya yang mencerminkan Indonesia yaitu dengan Bhineka Tunggal Ika.

“Untuk memeriahkan upacara HUT Kemerdekaan yang ke 74, alhamdulillah peserta upacara tiap tahunnya selalu meriah dikarenakan lomba peserta upacara juga dilombakan sebagai lomba kekompakan upacara tiap RT,” ucap Asep.

Selain itu, sambungnya, ada beberapa perlombaan yaitu lomba bola voli putra putri, lomba kebersihan lingkungan, lomba nasi liwet, lomba tenis meja, badminton, futsal anak, lomba senam ibu ibu, lomba kreasi seni solo dan group, serta lomba pidato ketua RT. Terdapat pula lomba kerohaniannya yaitu lomba MTQ dan lomba adzan, dan berbagi lomba hiburan ibu-ibu dan anak-anak lainnya.

“Perlombaan tersebut telah berlangsung dari mulai tanggal 10 agustus dan akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 25 agustus nanti sekaligus malam penutupan dan pembagian hadiah dan penentuan hadiah juara umum, dimana  tahun kemarin juara umumnya diraih oleh Rt 03 sebagai juara umumnya,” sebut mantan ketua Panwascam Kadugede tersebut.

Kegiatan ini adalah berkat partisipasi dari pemerintahan Desa Ciketak dengan program pemberdayaan pemuda yang tertuang dalam APBDesa dan partisipasi seluruh warga Ciketak. Tidak lupa pembinaan dari ketua KNPI pengurus Kecamatan Kadugede.

Adapun Tema yang diangkat pada kegiatan ini ialah “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Mari Kita Mempererat Tali Persaudaraan Demi Meningkatkan Solidaritas Antar Pemuda”.

”Kegiatan ini bertujuan guna menyambut dan memeriahkan HUT RI ke 74 dan menjaga hubungan silaturahmi antara pemuda, masyarakat dan pemerintah setempat,” ungkap pria yang akrab disapa Ageh itu.

Asep berharap selaku pemuda mampu memberikan sebuah hal positif terhadap masyarakat. Berbagai kegiatan perlombaan diadakan diharapkan dapat mencetak generasi muda yang berprestasi dan bisa terhindar dari hal-hal yang negatif karena faktor lingkungan, faktor budaya barat dan lain sebagainya yang dapat merusak generasi muda.

“Harapan dengan adanya berbagai perlombaan olah raga dan lomba kerohanian ini tidak hanya di bulan Agustus saja tetapi harus berkelanjutan sehingga kegiatan kegiatan pemuda selalu diisi oleh kegiatan-kegiatan yang positif bukan hanya Agustus,” harapnya. (deden/rl)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com