Ini Antisipasi Desa Wisata Agar Narkoba Tidak Masuk dan Merusak Warga

KUNINGAN (MASS) – Cibuntu yang dinobatkan sebagai Desa Bersinar oleh BNN Kabupaten Kuningan, kini gencar melakukan sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada seluruh komponen masyarakat.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Balai Desa Cibuntu Kecamatan Paswahan menghadirkan Dedi Nuryadi, SE selaku Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Kabupaten Kuningan yang didampingi oleh staf.  Acara digelar pada Jumat (15/11/2019) sekitar pukul 19.30 WIB.

Dedi menyatakan Penyebaran dan sifat jahat yang datang dari barang haram yaitu narkoba, barang yang memutus zat sistem saraf, melumpuhkan daya berfikir, menghancurkan generasi bangsa kini kian merajalela khususnya dikalangan pelajar. Narkoba adalah kejahatan yang sangat luar biasa dan tidak bisa ditolerir. Narkoba harus dibasmi, harus di STOP.

“Desa Cibuntu adala sebuah desa yang dikenal dengan desa yang memiliki kearifan lokal yaitu desa wisata, desa yang dinobatkan sebagai desa yang Bersih Dari Narkoba (Bersinar) oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kuningan,” tegas Dedi.

Ia juga menyampaikan, semua itu adalah buah dari kerjasama dan koordinasi yang baik dari seluruh elemen masyarakat serta tiga pilar yang menjadi dasar pondasi Desa Bernisar yaitu Masyarakat, Babinsa, dan Babinkamtibmas, maka dari itu penobatan sebagai desa Bersinar harus dijaga dan dipertahankan.

Agar masa depan generasi selanjutnya tidak terpengaruh oleh barang haram yaitu Narkoba, Dedi meminta  pertahankan dan jaga budaya gotong royong dan kultur yang baik yang sudah ada dan turun temurun diwariskan oleh pendahulu. Sosialisasi kali ini adalah untuk mempertajam dan merealisasikan Rencana Aksi Nasional P4GN sesuai dengan Inpres No. 6 Tahun 2018.

“Narkoba memiliki sifat Habitual yaitu kerinduan yang tinggai bagi sipenyalahguna dan adiksi yang kuat, yaitu sifat ketergantungan sehingga penyalahguna, pecandu adalah orang yang sakit dan harus disembuhkan,” jelasnya.

Diterangkan, sifat narkoba bagi si penyalahguna ketika direhabilitasi tidak bisa sembuh secara total hanya bisa dipulihkan, karena menurut pengalaman yang sudah mengkonsumsi narkoba apabila tidak ada perhatian dan pendampingan yang kuat dari keluarga serta orang terdekat, mereka bisa memakai kembali narkoba yaitu karena sifat habitual.

“Maka peran kedekatan emosional dalam keluarga itu penting,” tambahnya.

Sekdes Cibuntu Ibnu Sungkawa SH yang mewakili Kepala Desa menyatakan Cibuntu akan jadi garda terdepan dalam Melaksanakan Desa Besinar dan giat mensosialisasikan program P4GN, membentuk penggiat, relawan anti narkoba serta menggerakan seluruh elemen masyarakat untuk melawan kejahatan narkoba,

Sementara itu, hadir juga dalam kegiatan tersebut Babinsa yang memberikan pesan bahwa untuk membasmi narkoba bukan hanya tugas Babinsa dan Babinkamtibmas. Tapi butuh kerjasama dan koordinasi yang baik dari seluruh masayrakat.

“Penobatan sebagai Desa Bersinar  bagi kami selaku tentara adalah tugas yang berat. Karena bagi kami mempertahankan penobatan sebagai desa Bersinar adalah butuh tantangan dan konsistensi,” sebut Peltu Mulyono selaku Babinsa.

Diterangkan, Babinsa selain membina masyarakat juga harus mempertahankan NKRI. Baginya NKRI adalah harga mati. Maka mari sama-sama untuk  Basmi Narkoba. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com