Desa Karangkamulyan Siapkan Lima Tempat

KUNINGAN (MASS) – Warga Desa Karangkamulyan Kecamatan Ciawigebang, tetap melaksanakan pelaksanaan salat raya Idul Fitri dengan sesuai protokol covid-19.

Hal ini setelah MUI, DKM Desa dan seluruh jajaran pemerintahan Desa dan lembaga Desa bermusyawarah sepakat melaksanakan salat ied.

“Salat ied dilaksanakan di 5 tempat. di 3 Dusun dalam 1 Desa,” ujar Kades Yayat Supriatna.

Ke lima tempat itu adalah di Jalan raya Desa Karangkamulyan di laksanakan untuk menggantikan lokasi masjid Desa. Lalu, di Dusun Pasir tengah di laksanakan di satu masjid Al-Fitroh untuk memback up warga Dusun Pasir Tengah.

Di Dusun Cilembu di laksanakan di 2 masjid yaitu Masjid Al-Jad’ani untuk jemaah laki-laki dan di masjid Madinatul Huda untuk jemaah perempuan.

Hal ini guna membackup warga Dusun Cilembu, Dusun Cimulia di laksanakan di halaman masjid Nurul iman untuk membackup warga Dusun Cimulia. Dan terakhir di Jalan Raya Desa Karangkamulyan untuk semua jamaah yang mengikutinya khusus warga masyarakat Desa Karangkamulyan.

Kades Yayat mengatakan, untuk masker sudah di distribusikan langsung ke setiap warga, yg di lakukan oleh perangkat desa, bahkan sudah 3 kali membagikan.

“Untuk pelaksanaan shalat raya idul fitri kita sudah mendistribusikan vitamin C dan menyiapkan hand sanitiser non alkohol yang semprot,” tambahnya.

Pihaknya juga ada beberapa masker tambahan untuk jaga-jaga apabila ada jemaah yg tidak memakai masker. Sedangkan untuk wastafel fortable di siapkan untuk di tempat pelaksanaan di jalan raya desa sebagai sentral utama.

“Dan di tempat yang lain misalkan yang melaksanakan di masjid kita arahkan untuk cuci tangan di tempat wudhu,” ungkapanya.

Terpisah, Ketua DKM Desa Tafsir BA mengatakan, pelaksanaan ini di laksanakan sesuai dengan protokol covid-19 dan seluruh jemaah di setiap tempat yang melaksanakan shalat raya idul fitri di wajibkan memakai masker.

“Himbauan ini sudah di sampaikan di ke seluruh warga melalui pengeras suara di setiap masjid, setiap dusun.

Sementara itu, Ketua MUI Desa Uus Syihabudin Abdulloh mengatakan, dengan protocol covid-19 yang sudah di musyawarahkan, dan sudah di persiapkan.

“Harapan kami pelaksanaan shalat raya idul fitri di Desa Karangkamulyan besok akan kondusif,” tandasnya. (agus)