Desa Geresik Jadi Kampung Tohaga Lodaya

CIAWIGEBANG (MASS) – Desa Geresik dinobatkan predikat Kampung Tohaga Lodaya (Desa Tangguh Nusantara) dari Kepolisian Republik Indonesia dimana desa tersebut dinilai baik menanggulangi Covid-19 ini. Penganugrahan berlangsung di Aula Balai Desa Gresik, Kuningan, pada Senin (29/6/2020).

Tampak hadir mendampingi Mohamad Apip Firmansyah Anggota Legislatif Fraksi PKB, Camat Ciawigebang Ruslani, Kapolsek Ciawigebang Kompol Yayat Hidayat, Kepala Desa Geresik Parman SH, serta sejumlah relawan Kampung Tohaga Lodaya Desa Geresik.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Ciawigebang, Kompol Yayat Hidayat menyebutkan bahwa program Kampung Tangguh Lodaya merupakan program Kepolisian Republik Indonesia dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Predikat ini diberikan bukan tanpa alasan, melainkan karena peran aktif pemerintahan desa beserta masyarakatnya yang dinilai baik dan ideal dalam menangani penyebaran Covid-19.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk memulihkan dampak sosial dan ekonomi setelah pendemi Covid-19, diantaranya sektor kesehatan keamanan, perkebunan, perikanan dan pertanian karena Jika sosial dan ekonomi tidak dipulihkan, ujung-ujungnya adalah kriminalitas. Kita mencegah hal itu. Ini juga diharapkan menumbuhkan kembali semangat gotong royong di masyarakat,” jelasnya.

“Semoga masyarakat Kab. Kuningan khususnya Desa Geresik tehindar dari covid 19. Mudah-mudahan semua sehat dan selalu dan mematuhi protokol kesehatan,” imbuhnya.

Sementara itu Mohamad Apip Firmansyah Anggota Legislatif Fraksi PKB Kabupaten Kuningan mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi program Kampung Tohaga Lodaya (Desa Tangguh Nusantara) dari kepolisian ini. Sungguh luar biasa karena fokus pointnya langsung kepada target vital. Permasalahan sosial dan ekonomi adalah yang paling penting dalam proses pemulihan setelah PSBB di Kabupaten Kuningan ini,” tandasnya.

Dimasa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini diharapkan masyarakat turut bergotong royong dalam proses pemulihan sosial dan ekonomi.

“Mudah-mudahan ini menjadi langkah awal yang bagus dalam proses pemulihan sosial dan ekonomi di masyarakat Kabupaten Kuningan. Khususnya di Desa Geresik Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan,” harap Apip.

Hal senada diungkapkan Camat Ciawigebang Ruslani. Dikatakan, terpilihnya desa tersebut atas upaya bersama dan penilaian secara objektif.

“Terpilihnya Desa Geresik adalah bukan tiba-tiba, tapi setelah adanya pemilihan, pengecekan, juga verifikasi bahwa Desa Geresik pantas ditetapkan sebagai Desa tangguh atau kampung tohaga lodaya,” tandasnya.

Ia berharap, mudah-mudahan yang terdampak covid-19 pulih kembali seperti sediakala. Ruslani berterima kasih atas disiplinnya warga masyarakat Desa Geresik.

Sementara itu Kepala Desa Geresik, Parman, dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Kepolisian Republik Indonesia diwakili oleh Polsek Ciawigebang dan Pemkab Kuningan, yang telah memberikan kepercayaan kepada Desa Gresik sebagai Kampung Tangguh Lodaya di Kabupaten Kuningan.

“Melalui Kampung Tangguh Nusantara ini untuk mengembalikan bidang bidang yang sempat mandek karena pandemi covid-19, supaya masyarakat kita memiliki dan mempunyai kemampuan untuk menangani permasalahan permasalahan yang ada di desa, Bersama membangun masyarakat kembali yang terdampak covid-19,” seru Parman. (deden)