Transparansi APBD Prioritas Bupati Acep

PENDOPO (Mass) – Dari keempat program prioritas yang dicanangkan Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH salah satunya yakni ingin mewujudkan transparansi anggaran pemerintah daerah. Empat program prioritas yang ingin diwujudkan Bupati Acep selama menjabat pemerintahan Kuningan kedepan, dinilai sebagai langkah dalam mewujudkan pelayanan optimal terhadap masyarakat dan warga Kabupaten Kuningan.

Dalam sambutannya, Bupati H Acep Purnama SH MH saat memimpin jalannya Upacara Hari Kesadaran Nasional menyampaikan, Jumat (17/6), dibawah kepemimpinannya ada empat program prioritas yang segera diwujudkan. Dari keempat program itu yakni mewujudkan visi Kuningan Mandiri, Agamis dan Sejahtera di Tahun 2018.

“Lalu, memperbanyak pembangunan infrastruktur fasilitas umum, seperti pembuatan jalan tembus bagi masyarakat yang berada di wilayah stagnan. Hal ini diprioritaskan agar akses penunjang perekonomian masyarakat lebih terbuka,” katanya.

Selain itu masih kata Acep, program ketiga yaitu ingin menjadikan Kabupaten Kuningan bebas dari sampah. Solusinya yakni dengan menyediakan lokasi pembangunan sampah bagi masyarakat.

“Program selanjutnya yakni masalah keterbukaan informasi publik terkait APBD. Sehingga, nantinya masyarakat menjadi tahu dan dapat memberikan penilaian,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya bentuk transparansi itu nantinya masyarakat akan mengetahui berapa besaran anggaran, hingga peruntukan dan pengalokasian anggaran tersebut. Sekaligus prinsip-prinsip transparansi atau akuntabilitas dengan prinsip efektif/efisien dan ekonomis.

“Kita senantiasa harus terus bersyukur di akhir kepemimpinan Bunda Utje, telah mewariskan keberhasilan mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Ini menjadi starting poin di awal kepemimpinan saya untuk membawa Kabupaten Kuningan lebih maju lagi, terutama dalam peningkatan kreativitas,” ujarnya.

Sehingga lanjut Bupati Acep, kedepan dapat meningkatkan daya saing sehingga bakal dilirik para investor, yang akan menggerakkan perekonomian secara maksimal.

“Saya berharap kepada seluruh SKPD untuk selalu kompak dan bekerja sama. Sehingga, keberhasilan Kabupaten Kuningan mempertahankan predikat WTP hendaknya harus disertai dan sejalan dengan peningkatan kualitas hidup di masyarakatnya,” pungkasnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com