Tercatat di Seismograp, Segini Lamanya Gempa Bumi Kuningan

KUNINGAN (Mass)- Seismograp di Pos Pengamatan Gunung Ciremai ternyata mencatat gempa bumi  skala 3,3 yang terjadi di Kuningan pada hari Senin 1 Oktober 2018 pukul 03:23:08 WIB. Dari rekaman siesmograp durasi gempa Kuningan tercatat selama 1 menit tiga puluh detik.

“Iya terasa sekali. Saya juga merasaka getaran tersebut. Yan paling besar durasinya hanya sebentar selebihnya hanya getaran biasa,” ujar Petugas Pos Pengamatan Gunung Ciremai Iyus Rushana kepada kuninganmass.com Senin (1/10/2018).

Ia menyebutkan, semua gempa yang terjadi past tercatat di seismograp, termasuk gempat di Palu dan Donggala Provinsi Sulteng. Begitu juga dengan gempa-gempa sebelumnya.

Meski begitu begitu lanjut dia, tidak ada pengaruh terhadap aktivitas gunung Ciremai, sehingga warga tidak perlu panik.

“Aman gunung mah tidak apa-apa, jadi warga tidak perlu panik. Kami akan memberitahu kalau ada apa-apa,” jelas pria yang 10 bulan lagi akan pensiun.

Sementara itu, Kepala BPBD Kuningan Agus Mauludin mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak Pos Pengamatan daan hasilnya tdaik berpengaruh sedikit pun dengan gempa vulkanik.

Pihaknya juga koordinasi terhadap desa yang berdekatan dengan lokasi pusat gempat yakni Desa Pasawahan dan Desa Singkup Kecamatan Pasawahan.

“Pokoknya aman. Kami sudah cek tidak ada korban dalam kejadian ini,” ujar Agus. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com