Subang Tuan Rumah Pramuka Ngawangun Cai

SUBANG (Mass) – Setelah sebelumnya didaulat mewakili Kabupaten Kuningan pada lomba desa tingkat provinsi Jawa Barat, kini Desa Subang kembali dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan kepramukaan tingkat kabupaten, Senin (23/5). Acara yang bertajuk Pramuka Ngawangun Lemah Cai dihadiri langsung Wakil Bupati Kuningan sekaligus Majelis Pembina Pramuka, H Acep Purnama SH MH, Kwarcab Pramuka Kuningan, H Aang Hamid Suganda, Waka Abdimas dan Humas, DR H Dian Rachmat Yanuar MSi dan tamu undangan lainnya.

“Kegiatan Pramuka Ngawangun Lemah Cai ini mempunyai sasaran pembangunan infrastruktur, pembangunan fasilitas umum pedesaan, pembinaan masyarakat, dan pengembangan usaha kecil di masyarakat,” ucap Waka Abdimas dan Humas sekaligus ketua panitia, DR H Dian Rachmat Yanuar MSi kepada awak media usai kegiatan pramuka.

Tujuannya kata Dian, dari kegiatan tersebut untuk membangun kepedulian dan gotong royong pramuka, serta elemen masyarakat terhadap pembangunan di Kabupaten Kuningan. Lalu, menjadikan gerakan pramuka dan anggotanya menjadi pelopor dan pionir dalam inovasi pembangunan.

“Kemudian untuk menjadikan gerakan pramuka dan anggotanya menjadi pelopor dan pionir dalam inovasi pembangunan. Semangat membangun di wilayah pedesaan melalui sikap gotong royong, sebagaimana diamanatkan dalam kegiatan pramuka,” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan kegiatan padat karya kerjasama antara Kwarcab Pramuka Kuningan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Disamping itu, melibatkan juga masyarakat tenaga keamanan dari kepolisian dan tenaga medis. Ada 13 SKPD Kuningan serta tiga bagian yang turut berpartisipasi  mengalokasikan kegiatan pembangunan,” terangnya.

Dari 13 SKPD itu lanjut Dian, antara lain yakni Disperindag memberikan bantuan desain kemasan produk dan sembako murah, Disparbud bantuan workshop dan pagelaran seni untuk membentuk duta wisata, Distanakan bantuan di bidang tanaman pangan dan bidang perikanan, BKBPP bantuan pelayanan KB, IUD, Inflan Gratis, pembinaan kampung KB, pembentukan kelompok PIK remaja, pemberian KIT, sosialisasi pemberdayaan perempuan  dan anak serta pemutaran film.

“Kemudian Dinsosnaker bantuan pelatihan berbasis masyarakat Las (MTU), Dinkes bantuan jamban keluarda dan sunatan massal, BPLHD bantuan bibit pohon 1000 pohon, tong sampah 3 set dan gerobak  1 buah, Dinas SDAP bantuan perkuatan tebing citiis, Dishutbun bantuan pengembangaan hasil hutan non kayu, rumah jamur, rak baglog, 60 botol bibit jamur, thermometer suhu dan spayer,” sebutnya.

Selain itu kata Dian, adapula Dishub bantuan pengadaan pemasangan JPU, DTRCK bantuan program pengembangan perumahan dan pemukiman dan pembangunan drainase. Lalu ada Dinas Bina Marga, Disdikpora, Setda Pemkab Kuningan untuk Bagian Umum, Bagian Kesra dan Bagian Humas.

Sementara Wakil Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH mengaku, sangat menyambut baik kegiatan kepramukaan yang digelar tersebut.

”Pendidikan kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia, dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata kepada masyarakat. Seperti yang akan kita laksanakan pada saat ini, adalah bentuk pengabdian mulai dari pramuka tingkat penegak, sampai dengan tingkat pembina turut dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

Secara pribadi serta atas nama Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kuningan, Acep menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua pihak, khususnya bagi para SKPD yang telah berpartisipasi aktif memberikan bantuan dalam kegiatan ini.

“Pada kegiatan Pramuka Ngawangun Lemah Cai ini, perkenankan saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama para SKPD yang telah ikut partisipasi, banyak memberikan bantuan dalam kegiatan ini. Semoga, kegiatan ini akan meningkatkan pembangunan di Kabupaten Kuningan,” pungkasnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com