Setelah Korea dan Malaysia, Kini Giliran Jepang

KUNINGAN (MASS) – Setelah Korea dan Malaysia, Tim Delegasi Kompolnas Jepang berkunjung ke kantor Kompolnas RI di jalan Tirtayasa VII No. 20, Kebayoran Baru – Jakarta Selatan. Tim delegasi yang datang sebanyak 7 orang dipimpin oleh Mr. Shinichi Kitajima selaku anggota National Public Safety Commission (NPSC) dan didampingi oleh pejabat Kepolisian Jepang dan pejabat Kedutaaan Besar Jepang di Jakarta.

Kedatangan rombongan dari Kompolnas Jepang Kamis (9/8/2018) pagi itu diterima oleh Kompolnas RI dengan penuh keterbukaan dan kehangatan.

“Membahas hal–hal strategis tentu harus dimulai dengan kedekatan dan keakraban untuk mencapai tujuan yang baik,“ demikian diungkapkan oleh Dede Farhan Aulawi, salah seorang komisioner Kompolnas RI, Minggu (12/8/2018).

Kompolnas RI dan Kompolnas Jepang memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaan dan perbedaan ini tentu didasari oleh suatu landasan pemikiran yang merujuk pada sejarah, nilai–nilai, dan kondisi sosiologis kemasyarakatan yang berbeda di masing–masing Negara. Kedua Lembaga Pengawas Polisi ini, sama–sama menangani keluhan masyarakat yang terkait dengan kinerja kepolisiannya.

“Sedangkan perbedaannya, contoh saat memilih Kepala Kepolisian baik Kepala Kepolisian Nasional maupun Kepala Kepolisian daerah kalau di Jepang dipilih Kompolnasnya, sementara di Indonesia Kompolnas hanya memberi saran dan pertimbangan kepada Presiden, selanjutnya diusulkan ke DPR,” jelas Dede Farhan.

Persamaan dan perbedaan–perbedaan tersebut tentu bukan hanya itu saja. Tetapi ada beberapa hal yang lain juga, yang bisa dijadikan sebagai dasar pemikiran dan pertimbangan untuk mengembangkan Kompolnas RI agar bisa lebih baik lagi di masa yang akan datang.

“Termasuk kemungkinan untuk meningkatkan kerjasama antara Kompolnas RI dan Kompolnas Jepang, termasuk Kepolisian RI dan Kepolisian Jepang,” ungkapnya.

Setelah dua jam membahas hal–hal strategis antara kedua Negara, Tim Kompolnas Jepang dengan didampingi Kompolnas RI menemui Menkopolhukam selaku Ketua Kompolnas RI di kantor Kemenkopolhukam. (deden/rl)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com