Sederhana Tapi Bermakna

KUNINGAN (MASS)- Bupati Kuningan H. Acep Purnama menghadiri upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke-73 TNI yang dipusatkan di halaman Makodim 0615 Kuningan Jalan RE Martadinata Kabupaten Kuningan pada  Jumat (5/10/2018).

Tampak Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Adhyaksa Darma Yulionoi, Ketua Pengadilan Negeri, melakukan ramah tamah dengan seluruh jajaran TNI khususnya anggota TNI di Kodim 0615 Kuningan  yang saat ini dipimpin oleh Letkol Inf Daru Cahyadi Soeprapto S.Sos MM.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan selamat hari ulang tahun dan juga tidak lupa berterima kasih kepada TNI khususnya jajaran Kodim 0615 Kuningan atas terciptanya situasi yang kondusif di Kabupaten Kuningan.

“Selamat hari ulang tahun ke-73 Tentara Nasional Indonesia  semoga TNI tetap jaya di darat, di laut, maupun di udara disertai harapan semoga TNI semakin kuat. Mari kita bersama TNI mewujudkan sinergitas yang baik, sesuai dengan janji kita memberikan pelayanan dan perlindungan terbaik kepada seluruh masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Acep mengatakan, dengan bertambahnya usia yang ke-73 artinya sama dengan usia kemerdekaan Republik Indonesia. Ini menunjukkan bahwa Negera Republik Indonesia ada, di situ juga ada  TNI. Ini sudah membuktikan bahwa sinergitas TNI, Polri, Kejaksaan, Pengadilan dan seluruh komponen masyarakat merupakan satu kunci utama mempertahankan NKRI.

Sementra itu, dalam upacara yang menjadi inspektur upacara adalah dandim.  Sedangkan komandan upacara  adalah Kapten Inf Fajar Dwiyanto (Danramil 1514 /Mandirancan) dan Perwira Upacara  Kapten Inf Nandang Hendarsyah (Pasi Pers Dim 0615/Kuningan ).

Adapun peserta upcara adalah 1 Pleton PNS, 1 Pleton Bintara Tamtama Bersenjata, 5 Pleton Bintara Tamtama tanpa senjata dan  1 Pleton Perwira

Dandim membacakan sambutan  Panglima TNI  yang isinya adalah penekanan Panglima TNI kepada seluruh prajurit TNI untuk dipedomani dan dilaksanakan  yakni  Perkokoh iman dan takwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa‚ serta luaskan hati untuk terus beribadah, karena hanya kepada-Nya Iah kita berserah diri dan mendapatkan kekuatan.

Kemudian, pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa.  Lalu, Tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme karena setiap seat tugas selalu menanti, menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang dilimpahkan kepada TNI.

Adapun poin ke empat  mantapkan netralitas TNI baik sebagai individu maupun satuan, dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019. Janganlah terpancing emosi dan upaya-upaya melibatkan diri dalam mendukung kelompok tertentu selama pentahapan pemilu.

“Jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini,” ujar Panglima TNI.

Dandim sendiri menambahkan, melalui peringatan HUT TNI yang sangat sederhana pihaknya tetap bertekad bahwa inilah TNI. TNI   bukan warga atau masyarakat yang beda derajatnya, semua sama cuma tugas kewenangan dan tanggung jawab yang diberikan negara untuk mengabdi demi keutuhan bangsa khususnya Kab Kuningan

“Tidak ada prajurit yang berdiri di Kuningan untuk kepentingan lain selain untuk kepentingan bangsa dan Negara.  Salah satu menjaga keutuhan kedaulatan adalah menjaga kesetabilan pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah,” ujarnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com