Sambut Lebaran, Siapkan Sembilan Terminal

KUNINGAN (MASS)-  Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IX Provinsi Jabar Drs Agung Rahardjo MSTr mengaku, pihaknya sudah siap menyambut lebaran tahun 2018. Ini dibuktikan dengan kesiapan di sembilan terminal Tipe A yang ada di Jawa Barat dalam menyambut penumpang.

“Sudah tidak ada kendala. Mulai H-7 hingga H+7 kami langsung bergerak,” ujar Agung usai melaksanakan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Posko Angkutan Lebaran Tahunn 2018, Senin (4/6/2018) sore di Terminal Tipe A Kertawangunan.

Diterangkan, mulai H-7 hingga H+7 semua kendaraan bus  akan dilakukan pengecekan di Terminal Kertawangunan. Apabila yang tidak laik maka petugas melarang mobil itu mengangkut penumpang. Cara ini harus dilakukan karena untuk melindungi keselamatan penumpang. Bukan hanya cek kendaran tapi cek narkoba juga akan dilakukan kepada awak bus.

Agung yang didampingi oleh Kepala Terminal Tipe A Kertawinangun Komarudin menerangkan, armada bus juga harus menurunkan penumpang di dalam terminal, sehingga tidak seperti sebelumnya penumpang berhenti di Luragung.

“Kemenhub pada tahun ini menyedikan ribuan bus untuk mengantar pemudik ke daerah asal. Untuk wilayah Cirebon pun diberikan 200 bus,” jelas Agung lagi.

Penyedian bus dimaksudkan agar perantau tidak mudik menggunakan motor. Pasalnya, motor bukan untuk kendaraan jarak tempuh jauh.

Sementara itu, pada saat apel gelar pasukan itu dihadiri kurang lebih dari 100 peserta yang terdiri dari Dishub, Polisi, Tentara, Pramuka dan pihak lainnya yang ikut membantu.

Dilakukan penyematan pita tanda posko angkutan lebaran. Selain itu juga bantuan peralatan posko seperti trafick cone, tenda posko, stick light, baju pakaian dinas lapangan,topi lapangan, rompi dan jas hujan.

“Mudah-mudahan pada saat bertugas diberikan kemudahan sehingga situasi tetap kondusif,” jelasnya.

Selain dari pegawai dari Balai Pengelola Transportasi Darat, juga hadir Dishub Kuningan. Lalu, juga pertunukan dari drum band Taruna Sekolah Tinggi Trnasfortasi Darat.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com