Ridwan Kamil Akan Buat Danau Terindah di Kuningan

KUNINGAN (MASS)- Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku, akan menata Waduk Darma seperti janji pada saat kampanye. Orang nomor satu di tanah Pasundan itu sudah membahas dengan DPRD dan dibutuhkan sekitar Rp40 miliar hingga Rp50 miiliar untuk menata kawasan wisata kebanggaanKuningan itu.

“Pokoknya akan saya buat menjadi danau yang indah dan belum ada di Jawa Barat. Jadi, bagi warga sekitar kalau ada perubahan harus maklum, tapi saya yakinkan tidak akan banyak yang dirugikan,” ujar pria yang akbar di panggil Kang Emil itu, Jumat (26/10/2018) kepada wartawan.

Gubernur akan menata Kabupaten Kuningan  menjadi daerah wisata yang maju di Jabar.  Diterangkan pariwisata itu ada dua yakni pariwista tempat dan pariwisata even atau peristiwa.

Ia yakin dengan adanya penataan yang baik maka jumlah pengunjung akan terus membludak dan tentu akan menjadi tujuan wisata yang tidak ada dimana-mana.

Sekedar infromasi Waduk Darma Kuningan dibangun setelah Indonesia merdeka sekitar tahun 1959-1962 yang berada di hulu Sungai Cisanggarung. Sebelum jadi bendungan, kawasan ini merupakan tanah bengkok para kepala desa dan aparat desa meliputi Desa Darma, Jagara, Sakerta Barat, Sakerta Timur, Paninggaran dan Cipasung yang seluruhnya seluas 427 hektare.

Kafasitas waduk itu mencapi 38 juta M3 dan saat ini terus menyusut karena musim kemarau. Saat ini air tersisa 21 juta M3. Air waduk dimanfaatkan untuk air PDAM dan irigasi. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com