Ribuan Warga Turun ke Situ Janggala

KUNINGAN (MASS) –  Ribuan warga Desa Panawuan Kecamatan Cigandamekar, Minggu pagi turun ke Situ Janggala. Mereka ramai-ramai menangkap ikan.

Tua, muda, dan anak -anak berebut menangkap ikan. Acara ini bagian dari Pesta Rakayat Bedah Situ Janggala dalam peringatan Hari Jadi ke 199 Desa Panawuan.

Tampak rona bahagia dari warga karena acara ini merupakan acara yang ditunggu-tunggu. Hadir Bupati Kuningan Acep Purnama, Wabup Ridho Suganda dan Sekda Kuningan Dr Dian Rachmat Yanuar MSi. 

Warga  tampak beseri terlebih pada saat pulang bisa membawa pulang ikan. Meski tidak banyak tapi membuat warga sangat senang.

Menurut Kades Panawuan Ir Sopyan Mawardi, acara ini merupakan pesta rakyat yang selalu dinanti-nanti warga.  Warga semua tumplek turun ke situ untuk bersuka ria menangkap ikan.

“Sudah menjadi bagian dari tradisi kami , maka akan terus dilestarikan. Warga senanga karena ajang hiburan dan juga bisa menjadi daya tarik wisata,” ujar Sopyan, Minggu (16/12/2018).

Ditemat yang sama Bupati Kuningan H Acep Purnama, menyebutkan, memelihara tradisi seperti Bedah Situ Janggala perlu dilestarikan untuk menunjang pariwisata Kabupaten Kuningan. Visi jangka panjang Kuningan akan menjadi Kabupaten Agropolitan dan Pariwisata termaju di Jawa Barat.

“Ini tentu sangat dipengaruhi oleh pembangunan pariwisata yang diisi oleh kemajuan pariwisata di desa. Desa maju, Kabupaten Kuningan juga pasti akan maju,” ujarnya.

Ia mengajak seluruh SKPD serta seluruh masyarakat untuk bersama sama berpartisipasi aktif melaksanakan pembangunan. Sebagus apapun yang digulirkan oleh pemerintah apabila masyarakatnya kurang peduli terhadap kegiatan-kegiatan pembangunan , maka hasilnya pun tidak akan maksimal.

“Oleh itu saya mengajak seluruh masyarakat mari kita bersama-sama, bersemangat bergotong royong mewujudkan Kuningan Maju, (Ma’mur, Agamis dan Pinunjul) Berbasis Desa,” ujar Acep. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com