Rakerda Bahas Integrasi Kampung KB

KUNINGAN (MASS) – Plt Bupati Kuningan Dede Sembada, ST mengatakan, Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) diharapkan dapat menghasilkan program kerja terpadu dalam upaya mewujudkan keluarga berkualitas dan penduduk Kabupaten Kuningan yang sehat dan sejahtera.

“Rakerda ini menghadirkan banyak lembaga terkait dengan tujuan adanya kesatuan pendapat dan menghasilkan program kerja terpadu serta di backup oleh pimpinan-pimpinan di lembaga yang bersangkutan,” Hal tersebut diutarakannya saat membuka Rakerda KKBPK, Selasa (3/4/2018) di Restoran Lembah Ciremai.

Hadir Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Rana Suparman, S.Sos, Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Sukaryo Teguh Santoso, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si. serta para camat se-Kabupaten Kuningan.

Lebih lanjut, Plt Bupati bicara keluarga berencana dan kependudukan, dahulu seluruh masyarakat sangat mengetahui dan paham terhadap program Keluarga Berencana (KB). Dengan tujuan menekan tingkat pertumbuhan penduduk, namun sekarang masyarakat nyaris tidak peduli terhadap program tersebut padahal program KB cukup strategis.

Menurutnya, jumlah penduduk yang banyak bisa menimbulkan kebahagiaan dan kemaslahatan. Namun juga bisa menimbulkan kemiskinan apabila tidak diimbangi dengan tersedianya lapangan kerja yang memadai.

“Indonesia belum bisa membina dan mendidik TKI, TKI kita hanya menjadi pembantu rumah tangga di luar negeri. Sementara negara yang levelnya berada berada di bawah kita mampu mengekspor tenaga kerjanya yang lebih berkualitas sehingga tidak terjadi hal-hal yang merendahkan bahkan pelecehan,” ujarnya.

Plt. Bupati meminta agar kepala dinas yang bersangkutan dapat memberikan pelatihan-pelatihan  dalam upaya mendidik serta membina, sehingga mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan para tenaga kerja agar siap bersaing dengan tenaga kerja asing.

Sementara itu Ketua Panitia penyelenggara Dra Hj.Poppy N Puspitasari melaporkan bahwa kegiatan raperda program KKBPK merupakan tindak lanjut dari rakornis program KKBPK tingkat Provinsi Jawa Barat dan sekaligus sebagai wahana yang strategis untuk mengevaluasi, merencanakan, dan membangun komitmen bersama.

Menurutnya, tujuan umum rakerda ini adalah terwujudnya kebijakan dan strategi untuk memenuhi sasaran kinerja 2018 dalam mendukung RPJMD 2014-2018.

Sementara tujuan khususnya yaitu teridentifikasinya keberhasilan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program KKBPK Kabupaten Kuningan tahun 2017-2018, kemudian tersosialisasinya arah dan kebijakan program KKBPK di Kabupaten Kuningan tahun 2018, serta tercapainya komitmen operasional dari mitra kerja dalam program KKBPK tahun 2018.

Ia menyebutkan sebanyak 250 orang mengikuti acara rakerda ini yang terdiri-dari unsur SKPD, Legislatif, penanggungjawab program tingkat kecamatan, unit pelaksana teknis, organisasi sosial dan profesi serta mitra kerja. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com