Puncak HUT ke- 71 Koperasi, Tebar Hadiah dan Penghargaan

KUNINGAN (MASS)- Ribuan orang mengikuti gerak jalan santai pada HUT ke- 71 Koperasi Tingkat Kabupaten Kuningan. Acara   dipusatkan di Pandapa Paramarta, Minggu (5/8/2018), sekaligus dengan kegiatan  Kuningan UMKM Expo.

Bukan hanya jalan santai tapi juga, pada acara HUT koperasi bertabur hadiah dan juga pemberian hadiah kepada lembaga koperasi yang berprestasi.  Ada tiga kategori yang tahun ini dilakukan penilaian yakni Koperasi  Berprestasi, tokoh koperasi  dan lomba cerdas cermat.

Untuk kategori Koperasi Berprestasi adalah Juara I Koperasi Karyawan Primkopppol Resort Kuningan, Juara II Koperasi RS Wijaya, Juara III Koperasi BRI, dan terakhir Koperasi PDAM.  Sedangkan Tokoh Koperasi adalah H Uji Sujiana yang merupakan Ketua KUD Bangkit Abadi Desa Bandorasa Wetan Kecamatan Cilimus.

Sementara untuk Juara Lomba Cerdas Cermat Koperasi disabet oleh SMAN 2 Kuningan, SMK 2 Kuningan dan SMAN 3 Kuningan. Para pemenang diberikan piagam, tropi dan uang pembinaan dari pihak Dinas Koperasi dan UKM Kuningan.  Adapun Penyerahan hadiah dilakukan oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama, didampingi Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan, Dandim Kuningan Letkol inf Daru, Kadis Koperasi dan UKM Ir Bunbun Budhiyasa.

“Ini acara puncak HUT ke 71. Pameran UMKM merupakan bagian dari rangkaian acara tersebut. Alhamdulillah acara berjalan lancar. Pada acara jalan santai panitia menyediakan hadiah barang-barang elektronik,” ujar Bunbun,

Ditempat yang sama Bupati Acep Purnama mengatakan, koperasi sebagai organisasi ekonomi rakyat berbasis anggota. Diharapkan mampu mengatasi persoalan internal yang dihadapi lembaga serta anggotanya khususnya peningkatan bidang Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas produksi, pemasaran serta permodalan.

“Koperasi punya kewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan anggota agar koperasi punya anggota yang berkualitas dan mampu memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan koperasinya,” kata Acep.

Menurutnya, partisipasi akan meningkat jika pengurus dan manajemen koperasi mampu mengembangkan program dan kegiatan yang menarik anggota diantaranya bidang organisasi, usaha serta permodalan koperasi.

Pemerintah daerah akan terus hadir dan berkomitmen dalam membina koperasi melalui berbagai kebijakan dan program sebagai upaya menciptakan iklim dan kondisi yang mendorong pertumbuhan dan pemasyarakatan koperasi. Hal ini dilakukan agar masyarakat luas memahami gagasan berkoperasi sehingga masyarakat dengan penuh kesadaran mendirikan dan memanfaatkan koperasi guna memenuhi kepentingan ekonomi dan sosial.

Diterangkan, hingga kini koperasi di Kabupaten Kuningan tercatat sebanyak 574 unit, dengan jumlah anggota sebanyak 83.439 orang. Sementara total modal koperasi mencapai Rp192 Milyar dan modal luar Rp221 Milyar serta volume usaha mencapai Rp794 Milyar .

“Koperasi memberikan kontribusi nyata dalam perekonomian daerah, mengentaskan kemiskinan serta penyerapan tenaga kerja di desa-desa atau kecamatan,” imbuhnya.(agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com