Puluhan Ton Besi Baja Tergeletak di Dinas Ini

KUNINGAN (MASS) – Belasan batang besi baja bekas tergeletak di halaman kantor Dinas PUPR, Selasa (10/4/2018). Beratnya bisa mencapai puluhan ton. Dilihat sekilas, panjang perbatangnya rata-rata 12 meter.

“Ini besi besi baja gelagar jembatan. Baru saja dikirim oleh Kementerian PUPR RI. Alhamdulillah kita mendapat bantuan besi ini untuk pemulihan pasca bencana,” terang Kepala Dinas PUPR, Ir H Jajat Sudrajat MSi kala dikonfirmasi.

Sebetulnya, imbuh Ajat (sapaan akrabnya), total bantuan besi baja dari pusat itu sebanyak 25 batang. Siang itu baru setengahnya, dilanjutkan esok hari (Rabu).

“25 batang besi kiriman Kementerian PUPR ini kalau dikilokan bisa mencapai sekitar 50 ton. Dan kalau dikonversikan ke uang senilai Rp500 jutaan,” sebut Ajat.

Berkat lobi yang dilakukan, pihaknya bersyukur pemerintah pusat mau memberikan bantuan ke Kuningan berbentuk besi baja. Bahan material tersebut hendak digunakan untuk membangun 4 jembatan di lokasi yang tertimpa bencana banjir tempo hari.

“Kita akan lakukan rekontruksi jembatan Cirombeng akses menuju Desa Jabranti Kecamatan Karangkancana sepanjang 6 meter. Kemudian, rekontruksi jembatan Citaal menuju Kampung Banjaran Desa Jabranti sepanjang 20 meter,” terangnya.

Selain itu, lanjut Ajat, rekontruksi jembatan Cigawir akses Desa Situgede Kecamatan Subang menuju Desa Cipakem Kecamatan Maleber sepanjang 12 meter. Jika masih terdapat sisa, besi baja itu akan digunakan untuk pembangunan jembatan poros desa melalui program Gerbang Simas (Gerakan Membangun Sarana Infrastruktur Bersama Masyarakat).

“Kami sangat berterima kasih kepada Kementerian PUPR atas bantuan ini. Kami akan manfaatkan sebaik-baiknya dengan memprioritaskan pemulihan pasca bencana,” ucap birokrat yang tetap semangat membangun meski mau pensiun 3 bulan lagi itu. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com