Puluhan Desa dan Kecamatan Diganjar Penghargaan

KUNINGAN (MASS) – Setiap tahun Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Kuningan memberikan reward atau penghargaan kepada desa dan kecamatan yang pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terbaik . Begitu juga pada tahun 2018 puluhan desa dan kecamatan mendapatkan penghargaan yang sama.

Penghargaan itu diberikan di pada acara Penyerahan Penghargaan PBB Bagi Kecamatan dan Desa/ Kelurahan Terbaik dalam pengelolaan PBB, di Aula Hotel Purnama Cigugur.  Acara penyerahan penghargaan diberikan langsung Bupati Kuningan  H Acep Purnama MH pada Rabu (12/12/2018) pagi

Selain Acep tampak  Wabup M Ridho Suganda,  hadir pula para pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan beberap pejabat lainnya.  Kemudaian,  Kepala KPP Pratama Kuningan Eko Hadiyanto,  dan Kepala Kantor Pos Kuningan Rusmayana.

“Ini bentuk penghargaan kami kepada mereka yang sudah berjuang agar pembayaran PBB tepat waktu dan lancar,” ujar Kepala Bappenda Kuningan Dr A Taufik Rohman MSi MPd,.

Berdasarkan hasil penilaian tim kabupaten peraih penghargaan dibagi kebeberapa kategori. Diantaranya kategori target sampai dengan Rp385.525.954  diraih oleh yakni Kecamatan Hantara,  Cilebak,  Cibeureum, Kalimanggis, dan  Kecamatan Karangkancana.

Sementara Kategori ll target sampai dengan Rp546.269.440 disabet Kecamatan Selajambe,  Nusaherang, Kecamatan Pancalang. Lalu, Kecamatan  Pasawahan dan Kecamatan Cipicung.

Selanjutnya kategori III, dengan target sampai dengan Rp558.877.766 diraih oleh Kecamatan Mandirancan, Kecamatan Japara, Cimahi, Kecamatan Cidahu dan Kecamatan Ciniru.   Sedangkan Kategori IV target sampai dengan Rp581.356.662 adalah Kecamatan Subang, Kecamatan Ciwaru Kecamatan Cibingbin, Kecamatan Sindangagung dan Kecamatan Kadugede.

Untuk Kategori V target sampai dengan Rp999.999.999 pemenangnya adalah Kecamatan Cigandamekar, Kecamatan Garawangi, Kecamatan Lebakwangi dan Kecamatan Kramatmulya. Dan terakhir  Kategori VI dengan target Rp100 juta ke atas adalah Kecamatan  Ciawigebang, Kecamatan Darma, Kecamatan Luargung dan Kecamatan Cilimus.

“Bukan hanya kecamatan, kami juga memberikan penghargaan kepada desa/kelurahan yang juga berprestasi,” tandas mantan Kadisdikpora Kuningan itu.

Untuk Desa/Kelurahan Kategori 1 target sampai dengan Rp31.033.273 disabet oleh Desa Sukasari Kecamatan Karangkancana. Lalu, Pajawan Lor Kecamatan Ciawigebang, Desa Pasir Agung Kecamatan Hantara, Desa Trijaya Mandirancan dan Lebakkherang Kecamatan Ciwaru.

Sementara untuk kategori II target sampai dengan Rp41.505.398 lanjut pria yang kerap dipanggil Opik itu adalah, Desa Pakembangan Kecamatan Mandirancan, Desa Sukadana Kecamatan Cibeureum. Lalu, Sukajaya Kecamatan Cimahi, Desa Dukuhlor Kecamatan Sindangagung dan Desa Cikondang Kecamatan Hantara.

Selanjutnya kategori III dengan target Rp55.571.560 diraih Desa Linggasana Kecamatan Cilimus, Kertawangunan Kecamatan Mandirancan. Kemudian, Desa Padahurip Kecamatan Selajambe, Desa Randusari Kecamatan Cibeureum, Desa Jamberama Kecamatan Selajambe. 

 “Untuk kategori IV dengan target Rp69.745.195 disabet oleh Desa Seda, Desa Nanggela Kecamatan Mandirancan, Lalu Desa Hanatra, Selajambe da Desa Peusing Kecamatan Jalaksana,” ujar Opik lagi.

Sedangkan, Kutawaringin Kecamatan Selajambe, Desa Sukarapih Kecamatan Cibeureum. Lalu, Desa Cantilan Desa Selajambe, Desa Gewok Kecamatan Garawangi, dan Desa Cantilan Kecamatan Selajambe merupakan peraih kategori V dengan target Rp99 juta. 

Sementara kategori ke VI target Rp100 juta , pemenanganya adalah Desa Cileuya, Cengal, Cawigebang, Sidaraja dan Cihirup . Sedangkan Kategori Desa Terbesar disabet oleh Desa/Kecamatan Subang.

“Untuk Kategori Kelurahan dirah oleh Sukamulya Kecamatan Cigugur, Kelurahan Windusangkahan Kecamatan Kuningan dan ketiga Kelurahan Winduherang Kecamatan Cigugur,” sebutnya,   

Mengenai target pada tahun ini dari peneriman PBB ditetapakan Rp26,5 Miliar. Hingga minggu kedua bulan Desember sudah tercapai Rp25,32 miliar atau mencapai Rp96 persen.

Sementara itu, Bupati Kuningan H Acep Purnama menyampaikan apresiasi kepada seluruh komponen dan perangkat desa/yang telah berjuang keras dalam pencapaian pajak bumi dan bangunan.

“Saya mengucapkan terima atas upaya yang telah dilakukan, terlepas berbagai hambatan dan tantangan dalam mencapai hasil yang membanggakan ini. Semoga ini menjadi motivasi. Saya berharap tahun depan angkanya naik lagi,” ujar Bupati Acep. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com