Peringatan HKN di Kuningan ‘Banjir’ Penghargaan

KUNINGAN (MASS) – Peringatan Hari Kesahatan Nasional di Kabupaten Kuningan banyak digelar berbagai acara. Puncaknya adalah digelar   acara Peringatan ke-53 Hari Kesehatan Nasional, di halaman Setda Kabupaten Kuningan, Senin (13/11/2017).

Pada kesempatan itu Bupati Kuningan H Acep Purnama MH  yang didampingi Wabup Dede Sembada selain memberikan berbagai penghargaan kepad pegawai Dinkes yang berprestasi, juga menyampaikan sambutan menteri Menteri Kesehatan RI, Prof Dr Nila Farid Moeloek SpM (K).

Menurut Nila, keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan sesuai Undang-Undang No 36 Tahun 2009 . Program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk melakukan kebiasaan, periaku dan gaya hidup sehat ,

“Oleh sebab itu, kita perlu berupaya dengan mendorong program Indonesia melalui pendekatan keluarga dan Germas (Gerakan Masyarakat sehat). Kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi tingginya,,” kata Nila.

Menurutnya, tema peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini Keluargaku Sehat  Indonesia Sehat. Tema itu sejalan dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.  (agus)

 

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com