Penanggulangan Bencana Bukan Hanya Tanggungjawab Pemerintah!

KUNINGAN (MASS)- Penanggulangan bencana  bukan hanya tanggungjawan pemerintah saja namun juga  menjadi tanggungjawab dunia usaha dan masyarakat.  Hal itu disampaikan Sekda Kuningan, Dr Dian Rachmat Yanuar MSi yang juga selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan pada acara partisipasi penanggulangan bencana yang melibatkan kalangan dunia usaha dan organisasi kemasyarakatan, berlangsung  di Aula Bank BJB Cabang Kuningan. Senin (30/7/19).

Sekda menyebutkan, ada beberapa kejadian bencana lima tahun kebelakang mulai dari tahun 2014 hingga 2018, jumlahnya mencapai 1.147, diantaranya tanah longsor, banjir, pergerakan tanah, angin kencang/puting beliung, kekeringan, abrasi, kebakaran rumah/gedung, kabakaran lahan/hutan.

“Penanggulangan bencana ini bukan hanya tanggungjawab pemerintah melainkan juga  dukungan partisipasi  dan peran serta lembaga, organisasi kemasyarakatan, dunia usaha, dan masyarakat. Untuk dunia usaha bantuan ini melalui  Program CSR  yang merupakan komitmen bisnis  untuk berkontibusi  dalam pembangunan ekonomi kemasyarakatan,”ungkapnya.

Hubungan  program CSR dengan penanggulangan bencana, dikatakan Sekda hal  ini sejalan dengan amanat Undang-Undang nomor 24 tahun 2017 tentang penanggulangan bencana yang pada prinsifnya bahwa , penanggulangan  bencana merupakan tanggungjawab pemerintah, dunia usaha dan masyarakat.

“Untuk itu kepentingan dan peran serta  dunia usaha tidak harus terpusat  pada saat tanggap darurat  saja. Bisa dilakukan juga  saat  prabencana yaitu masa ketika  adanya potensi  bencana yang meliputi  mitigasi struktural dan mitigasi nono struktural, dan saat pascabencana  yaitu penanganan pada lokasi  yang telah berdampak bencana, meliputi rehabilitasi serta rekontruksi dan lainnya,”harapnya.

Sekda juga menyampaikan terimakasih kepada dunia usaha, masyarakat dan pihak lainnya  yang telah turut serta menangani bencana yang telah terjadi di Kuningan. Semoga empati dan simpati ini dapat dilakukan juga oleh yang lainnya. Hal ini sebagai bentuk  kesadaran bahwa penanganan bencana merupakan tanggungjawab kita bersama.

Sementara itu, Kepala Pelaksana  BPBD Kuningan  Agus Mauludin,  Mengatakan,  tujuan kegiatan ini diharapkan adanya kesepakatan bahwa penanggulangan bencana ini  bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja. Namun menjadi tanggungjawab dunia usaha dan masyarakat sebagamana yang dinamanatkan undang-ndang.

“Dan akan terjalinnya kerjasama yang berkelanjutan dengan dunia usaha  dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana,” tamabahnya.

Sementara itu, Ketua Forum CSR Kabupaten Kuningan Maman Rukmana, yang juga  selaku Pincab bank bjb mengatakan melaui CSR  pihaknya berupa membantu semaksimal mungkin. Saat dirasakan memang belum optimal namun akan terus memberikan yang terbaik.

Dari pantauan acara yang dikuti oleh 20 perwakilan dari 35 undangan yang disebar itu menghadrikan narasumber Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jabar  Rosmananda. ia menyebutkan kepedulian perusahana terhadap bencana merupakan keharusan sesuai degan amanat UU. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com