Pegawai DPMPTSP Digenjot

KUNINGAN (MASS) – Puluhan pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu  (DPMPTSP), Kamis (22/2/2018) mengikuti Bimtek Pelayanan Prima di Gedung Wanita.

Acara ini dibuka oleh PLt Bupati Kuningan Dede Sembada. Acara rutin ini menghadirkan salah satu pemateri Kepala BKPSDM Kuningan Drs Uca Somantri.

Kepala DPMTSP Drs H Lili Suherli MSi, peserta bimbingan teknis terdiri atas pegawai  DPMPTSP yang setiap hari memberikan  pelayanan baik bertemu langsung (Petugas FO) maupun tidak bertemu langsung (Petugas verifikasi dan cetak). Dan Tim Teknis Perizinan Kabupaten Kuningan.

“Peningkatan kemampuan tidak terbatas pada performance, namun juga pemahaman  yang utuh tentang  regulasi yang terus update. Bahkan Permendagri 138 tahun 2017 tentang PTSP daerah mengamanatkan dua hal yaitu kita harus bisa mereformasi regulasi yang tidak sesuai dan menggunakan sistem IT dalam memberikan pelayanan,” jealsnya.

Dalam waktu dekat DPMPTSP Kuningan akan melaunching pelayanan pelayanan perizinan secara online. Ini bagian dari pelayan prima yang akan diberikan.

Plt Bupati Kuningan Dede Sembad mengatakan, DPMPTSP  merupakan perangkat  daerah yang berkaitan dengan pelayanan publik, khususnya penanaman modal dan perizinan.

Hal ini menuntut untuk membangun sistem  dan praktik agar  apa yang dilakukan dapat memberikan pelayanan secara cepat, tepat dan memuaskan masyarakat, tentu untuk terpenuhinya pelayanan prima.

Ia menjelaskan, pelayanan prima yang diberikan oleh sektor bisnis  berorentasi  pada profit. Sedangkan pelayanan prima yang diberikan oleh  sektor publik bertujuan untuk memenuhi kebutuhan  mayarakat  dengan cara yang terbaik.

Apa bila bisa dimplementasikan  maka akan terdapat beberapa keuntungan diantaranya keputusan akan segera didapat. Lalu,  menumbuhkan kepercayaan masyarakat, mempertahankan loyalitas, meminimalisasi tuntutan  atau komplain.

“Agar publik merasa puas atas pelayanan  yang kita berikan, maka pribadi yang prima ditunjukan dengan indikator seperti, pelayanan yang ramah, bersikap sopan dan penuh hormat. Kemuduian,  tampil yakin, memberikan kesan ceria, berpenampilan rapi, senang bergaul, mudah memaafkan, senang belajar dari orang lain, senang pada hal-hal yang etis dan wajar dan pandai menyenangkan orang lain,” ujar Desem.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com