PDM KNPI 2016 Segera Digelar

KUNINGAN (Mass) – Program pemberdayaan masyarakat yang dikemas dalam konsep Pemuda Desa Membangun (PDM), dalam waktu dekat bakal segera digelar DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kuningan. Lokasi yang direncanakan di Desa Mekarsari Kecamatan Maleber itu, nantinya akan melibatkan seluruh pengurus KNPI baik di tingkat kabupaten, kecamatan hingga pengurus karang taruna setempat.

Persiapan secara matang sudah jauh-jauh hari dilakukan sejumlah pengurus DPD KNPI Kuningan, baik melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait hingga pertemuan bersama Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH. Mengingat, kegiatan ini akan memberikan manfaat nyata bagi desa sekaligus fokus utama dalam pemerataan pembangunan di Kuningan.

“Kita akan buka kegiatan ini pada Kamis (8/9) malam besok di Desa Mekarsari Maleber. Didalamnya, ada beberapa kegiatan baik fisik maupun non fisik yang lebih mengedepankan tentang mendongkrak potensi kedaerahan,” ucap Ketua Pelaksana PDM KNPI Kuningan, Masuri SPd saat dimintai keterangan pers, Senin (5/9).

Bagi Masuri yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD KUningan, kegiatan ini menjadi ajang pembuktian bahwa pemuda juga punya andil besar dan bisa berpartisipasi nyata dalam kegiatan pembangunan. Diharapkan, agar kegiatan ini dapat menjadi pilot project kegiatan kepemudaan di wilayah Kuningan khususnya di pedesaan.

“Untuk non fisik, ada beberapa kegiatan atau program pemberdayaan masyarakat seperti sosialisasi tentang kepemiluan oleh KPUD Kuningan, Bahaya Narkoba dan HIV AIDS, Kesehatan maupun bentuk pelatihan kepemudaan. Salah satunya yakni pelatihan teknik menganyam bagi para perajin anyaman yang ada di desa tersebut,” sebutnya.

Pihaknya mengaku, dalam menentukan jenis kegiatan dan program yang akan dilaksanakan berdasarkan hasil survey di lapangan. Sebab dari hasil survey yang diperoleh, ada beberapa potensi yang ada di desa itu untuk bisa lebih dioptimalkan.

“Jadi, dari hasil survey itu kita agendakan program yang benar-benar menyesuaikan dengan kondisi masyarakat desa,” katanya.

Untuk kegiatan fisik sendiri kata Gonjes sapaan akrabnya, nantinya akan ada pembuatan papan nama dusun, sumbangan buku bacaan maupun Al Quran dan lainnya. Selain itu, adapula kegiatan dari bidang keolahragaan dalam pelaksanaan turnamen bola voli antar dusun.

“Kegiatan ini juga sekaligus bertepatan dengan Harjad Kecamatan Maleber. Melalui karya-karya nyata yang bersentuhan langsung dengan hajat dan kepentingan masyarakat, setidaknya akan memberikan motivasi kepada para pemuda dalam mengembangkan diri dan peningkatan peran serta dan fungsinya sebagai subjek pembangunan,” pungkasnya.(andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com