PDAM Tirta Kamuning Terbaik se Ciayumajakuning

KUNINGAN (Mass) – Untuk ukuran Ciayumajakuning, PDAM Tirta Kamuning Kabupaten Kuninganlangka tandingane. BUMD tersebut berhasil menyabet predikat terbaik dari sisi kinerja. Bahkan untuk skala Jabar, perusahaan daerah yang dipimpin Deni Erlanda SE MSi itu mampu menduduki peringkat ke 5.

Ini terungkap dalam sebuah acara yang digelar di Bandung, akhir pecan kemarin. BPPSPAM (Badan Pendukung Penyelenggaraan Sistem Penyediaam Air Minum) dibawah Kementerian PU mengumumkan hasil penilaiannya.

Berdasarkan penilaian BPPSPAM, PDAM Tirta Kamuning Kuningan menduduki peringkat ke 5 Jabar. Untuk skala nasionalnya peringkat ke 39. Rangking PDAM Kuningan cukup jauh di atas PDAM di Wilayah 3 Cirebon. Bahkan PDAM besar seperti Kabupaten dan Kota Bandung pun berada di bawah PDAM Kuningan.

Penilaian dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan kinerja yang dilakukan oleh BPKP. Dari laporan atau penilaian dari BPPSPAM mengenai hasil audit kinerja dari BPKP RI tahun 2016, PDAM Tirta Kamuning memperoleh nilai kinerja sebesar 3,16 point (katagori sehat).

Nilai 3.61 yang diperoleh tersebut merupakan hasil evaluasi terhadap seluruh aspek yang terkait dengan penerapan manajemen kinerja. Seperti aspek keuangan meliputi rentabilitas, solvabilitas dan likuiditas. Lalu, aspek pelayanan meliputi cakupan pelayanan teknis, pertumbuhan pelanggan, tingkat penyelesaian aduan, kualitas air pelanggan dan konsumsi air domestik.

Selain itu, aspek operasional meliputi efisiensi produksi, tingkat kehilangan air, jam operasi pelayanan, tekanan air dan penggantian meter air pelanggan. Terakhir, aspek sumber daya manusia meliputi ratio pegawai terhadap 1.000 pelanggan, ratio pendidikan dan pelatihan pegawai serta ratio biaya pendidikan dan pelatihan.
“Secara pribadi saya merasa bangga terhadap pencapaian yang diraih. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan/ karyawati PDAM Tirta Kamuning yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik,” ujar Deni Erlanda selaku direktur menanggapi raihan prestasi itu.

Deni menambahkan, pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras semua. Ia berharap dengan hasil ini bisa semakin memotivasi karyawan/karyawati untuk selalu meningkatkan kinerjanya dengan tujuan akhir agar pelanggan merasa dilayani dan diperhatikan oleh PDAM.(deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com