Pancasila Punya Tantangan Luar Biasa

KUNINGAN (Mass) – Bukan karena adanya pemosting simbol PKI di Kuningan wilayah timur, seorang anggota MPR RI/DPR RI asal PAN mengadakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan. Namun, kegiatan yang diisi oleh wakil rakyat bernama Budi Youyastri ini merupakan agenda rutin dalam rangka lebih meneguhkan jiwa Pancasila.

Khusus untuk Budiyou (sapaan akrabnya), sosialisasi tersebut dilaksanakan di Desa Legok Kecamatan Cidahu, Senin (24/7). Kembali dirinya mempertegas pentingnya 4 pilar kebangsaan dihadapan masyarakat dengan berbagai latarbelakang pendidikan.

Meski tidak terlalu berapi-api, penuturan Budiyou lugas dan mampu dipahami. Wakil rakyat Dapil Jabar X ini mengutarakan keprihatinannya atas ancaman terhadap Pancasila. Terlebih, dalam beberapa waktu terakhir ini mulai luntur.

“4 pilar kebangsan ini penting. Apalagi dalam beberapa waktu terakhir ini mulai luntur karena kurang berkembangnya pemahaman dan penghargaan tentang kemajemukan. Dampaknya, radikalisme terus berkembang,” tandas Budiyou.

Tak heran jika dirinya menegaskan, hari ini Pancasila memiliki tantangan yang luar biasa. Untuk itu, sosialisasi 4 pilar kebangsaan harus terus digelorakan. Tanpa harus merasa bosan, pemberian pemahaman dan pemantapan 4 pilar kebangsaan perlu dilakukan terus-menerus.

“Bukan hanya kepada masyarakat umum, tapi juga bagi kalangan pelajar. Karena ketika para generasi muda ini tidak berjuang di daerah kelahirannya, mereka akan selalu siap berjuang demi bangsa di manapun selama ada di Indonesia,” ucapnya.

Acara yang dimulai sejak pukul 10.00 itu dilangsungkan di gedung serbaguna desa setempat. Banyak hal yang dipaparkan Budiyou menyangkut pentingnya 4 pilar kebangsaan. Tampak masyarakat yang menyimak penuturannya pun antusias. (deden)       

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com