Operasi Mantap Brata Lodaya Digelar Selama 397 Hari

KUNINGAN (MASS) –  Apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Lodaya 2018 di Kabupaten Kuningan, digelar pada Rabu (19/9/2018).  Ratusan petugas gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Linmas, Damkar hadir.

Mereka dipersiapkan untuk mengamankan Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Kuningan. Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Lodaya 2018, yang dilaksanakan di lapangan upacara Mapolres Kuningan, dipimpin oleh Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan, SIK.

Menuurt Kapolres Operasi Mantap Brata Lodaya 2018 akan dilaksanakan selama 397 hari atau  terhitung dari mulai 20 September 2018 sampai 21 Oktober 2019. Apel gelar pasukan sendiri  dilakukan untuk memastikan kesiapan dari sisi personel, prasarana dalam rangka pengamanan Pemilu Tahun 2019.

Iman memperkirakan ada kurang lebih 590 petugas kepolisian dari Polres Kuningan yang akan diterjunkan dalam mengamankan keseluruhan tahapan pada pesta demokrasi tersebut. Petugas juga akan didukung oleh TNI, dan instansi terkait.

“Kami  telah melakukan pemetaan dan mengidentifikasi potensi kerawanan yang berpotensi terjadi pada Pemilu 2019 mendatang. Diantaranya adalah perilaku kampanye hitam di media sosial yang dapat memicu terjadinya kerusuhan di dunia nyata,’ ujarnya.

Pihaknya, melakukan antisipasi adanya potensi kerawanan,  salah satunya adalah perilaku black campaign di media sosial, yang memicu terjadinya kerusuhan di dunia nyata. Begitu juga dengan politik uang yang  harus cegah.

Iman mengatakan, pihaknya menjamin situasi pemilu di Kabupaten Kuningan akan berjalan aman tertib dan lanca.  Hal ini berkaca pada proses Pilkada Kuningan , dimana masyarakat Kuningan sudah dewasa dalam berdemokrasi dan tidak mudah untuk dipecah belah.

Dikatakan, untuk memberantas kampanye hitam, berpatroli di dunia siber dan memberedel akun-akun media sosial yang menyebarkan ujaran kebencian. Apabila ada yang akun seperti itu pihaknya a akan melakukan tindakan tegas.

Iman menambahkan, ini merupakan operasi kepolisian terpusat yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia, dalam rangka pengamanan, sehingga tercipta Pemilu 2019 yang aman, lancar, dan damai.

Sementara itu,  apel dihadiri Kapolres, Dandim 0615 Kuningan, Kasatpol PP, Kajari Kuningan, Ketua KPU Kuningan, komisioner Bawaslu serta perwakilan dari parpol peserta Pemilu 2019. Acara berlangsung lancar sesuai dengan harapan. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com