Operasi Lilin Segera Digelar, Ini Jumlah Petugas yang Diterjunkan

KUNINGAN (MASS)- Pada Operasi Lilin 2017 yang akan mulai dilakukan 23 Desember hingga 1 Januari 2018 Polres Kuningan akan menerjunkan 390 anggota. Bukan hanya anggota Polri, tapi juga akan dibantu 30 personil TNI, 8 personil Sub DENPOM III serta 166 personil gabungan dari Satpol PP, Dishub, Dinkes,BPBD, Damkar, RAPI, Senkom, Poljar dan Banpol.

Menurut Kapolres Kuningan AKBP Yuldi Yusman MSi,  para personil akan ditempatkan di  tiga  pos pengamanan, satu pos pelayanan. Lalu, 21 pos gatur, 15 gereja dan 4 lokasi kebaktian serta pengamanan di tempat-tempat vital dan obyek wisata.

“Pada operasi ini kamai melakukan tindakan prepentif dan preemtif yang didukung kegiatan intelejen serta penegakan hukum secara tegas dan profesional,” ujar  Yuldi usai menggelar Rapat Kordinasi Lintas Sektoral di Aula Jananuraga Mapolres Kuningan kemarin dengan dihadiri unsur Muspida Kabupaten Kuningan Sabtu (16/12/2017).

Rakor lintas sektoral ini dalam rangka kesiapan Operasi Lilin jelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Diharapkan dengan digelar rakor maka persiapan tidak ada yang salah.

Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 diprediksi akan adanya peningkatan mobilisasi massa dari satu tempat ke tempat lainnya. Hal ini  dikarenakan adanya pelaksanaan peningkatan kegiatan ibadah dan momen liburan panjang bagi warga Kabupaten Kuningan.

Sementara usai melaksanakan Rakor Lintas Sektoral, kapolres yang didampingi Wakapolres Nanang Suhendar, Kasat Lantas Polres Kuningan AKP Purwadi dan Kabag Ops. Polres Kuningan Kompol Erawan Kusmayadi melakukan pengecekan. Selian itu juga peninjauan jalur yang akan digunakan sebagai jalur alternatif untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan.

Jalur yang ditinjau berada di wilayah Kecamatan Japara dan Kecamatan Cigandamekar yang merupakan jalan baru yang dapat dijadikan sebagai jalan alternatif. Selain itu, kapolres juga meninjau beberapa lokasi obyek wisata dan supermarket yang berada di Kabupaten Kuningan.

Diterangkan, jalan alternatif yang polres tinjau akan dijadikan sebagai jalan alternatif untuk mengatasi kemacetan pada saat Natal dan Tahun Baru.

“Beberapa ruas memang masih dalam pengerjaan. tetapi pada minggu-minggu  ini telah selesai pengerjaanya dan siap untuk digunakan ,” ksebut Yuldi usai melakukan cek jalur bersama rombongan. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com