Mutasi Kemenag, 4 Kepala KUA Rotasi, Dua Penghulu Promosi

KUNINGAN (MASS)- Seperti hal di lingkup Pemkab Kuningan, di Kantor Kemenag Kuningan juga terjadi mutasi. Mutasi terjadi kepada 6 orang dengan jabatan penghulu dan Kepala KUA.

Proses  pelantikan digelar usai salat Jumat (10/1/2020) bertempat di Aula Kemenag. Proses pelantikan Kasubbag TU, para kepala seksi dan penyelenggara syariah. Lalu, Kepala KUA Se-Kabuapten Kuningan, Kepala Madrasah Negeri, para penyuluh, Perwakilan Dharma Wanita.

Menurut Kasie Bimas H Ahmad Fauzi MAg, total ada yang dilantik untuk jabatan baru. Untuk jabatan Kepala KUA ada empat orang yang mutasi. Sedangkan dua orang penghulu promosi menjadi Kepala KUA.

Diterangkan, Untuk utasi Iing Rohiman SHI yang semula  Kepala KAU Kecamatna  Pancalang pindah ke  KUA Kecamatan Cibingbin. Sedangkan Ahmad Sundayana Sunardi, SPdI  yang posisinya ditempati Iing, pindah menjaid Kepala KUA Kecamatan Pasawahan.

Sementara Suka SHI yang semula Kepala KUA Kecamatan  Pasawahan bergeser ke  Kecamatan Pancalang yang wilayah tidak berjauhan dengan Pasawagan dan terakhir Helmi Prihandani SAg yang dulu menjabat KAU Subang pinah ke wilayah timur yakni KUA Kecamatan Cimahi.

“Pak Dudi Wahyudi, SAg promosi dari jabatan Lama Penghulu KUA Kecamatn Ciawigebang menjadi Penghulu Pertama dengan tugas tambahan sebagai Kepala KUA Kecamatan Subang. Sedangkan  Endang Sutisna Jabatan Lama Penghulu KUA  Kecamatan Cilimus dan Jabatan Baru Penghulu Pertama dengan tugas tambahan Sebagai Kepala KUA Kecamatan Ciwaru,” ujar Fauzi yang merupakan mantan Kasie Penyelenggara Haji dan Umroh.

Fauzi juga menerangkan, untuk  KUA Ciwaru kosong karena pensiun dan  KUA Cimahi habis masa priodesasi Kep Diejen 916 th 2017 tentang petunjuk pelaksanaan masa bakti jabatan kepala KUA. Itu dasar yang menjai acuan kenapa ada rotasi dan promosi Kepala KUA.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Dr H Hanif Hanafi MSi mengatakan,  rotasi mutasi dan promosi sudah hal yang biasa dan sunatullah dalam hal kebutuhan suatu organisasi, yang terpenting bagaimana menjalankan amanah ini.

“Mohon bagi yang rotasi mau pun promosi laksanakan tugas dengan sebaik baiknya layani masyarakat dengan maksimal, lakukan koordinasi dengan seluruh instansi terkait yang ada di kecamatan, karena sekarang sebagai ASN itu kinerjanya yang akan dilihat,” tandasnya.

Diterangkan,  ada sembilan layanan yg harus dilaksanakan oleh Seluruh Kepala KUA sesuai PMA No.34 Tahun 2016 tentang Ortkaker KUA pelayan nikah rujuk, pelayanan bimbingan keluarga sakinah, pelayanan bimbingan kemasjidan. Lalu,  pelayanan bimbingan dan penerangan agama Islam, pelayanan bimbingan hisab rukyat dan pembinaan syariah.

Kemudian, pelayanan bimbingan zakat dan wakaf, pelayanan penyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam, pelayanan pengelolaan dokumentasi dan sitem informasi manajemen KUA, Pelayanan ketatausahaan dan kerumahtanggaan KUA  dan tugas tambahan KUA dapat melaksanakan bimbingan manasik haji reguler.(agus)

 

Mutasi Tugas

1.Iing Rohiman, S.H.I Jabatan Lama Penghulu Pertama /Kepala KAU Kecamatan Pancalang Jabatan Baru Penghulu Pertama Kepala KUA Kecamatan Cibingbin

2.Ahmad Sundayana Sunardi, S.Pd.I  jabatan lama penghulu Pertama /Kepala KUA  Kecmatan Cibingbin Jabatan Baru Penghulu Pertama Kepala Kua Kecamatan Pasawahan

3.Suka,S.H.I  jabatalan penghulu pertama/ Kepala KUA Keca Pasawahan Jabatan Baru Kecamatan Pancalang

4.Helmi Prihandani.S.Ag jabatan lama penghulu Pertama/Kepala KUA Kecamata Subang Jabatan Baru KUA Kecamatan Cimahi

 

Promosi

1.Dudi Wahyudi, S.Ag Jabatan Lama Penghulu KUA  Kecamatan Ciawigebang Jabatan Baru Penghulu Pertama Dengan Tugas Tambahan Sebagai Kepala KUA Kecmatan Subang

2.Endang Sutisna Jabatan Lama Penghulu KUA Kecamatan Cilimus Jabatan Baru Penghulu Pertama Dengan Tugas Tambahan Sebagai Kepala KUA Kecamatan Ciwaru.